PENINGKATKAN EFISIENSI DISPENSER AIR DENGAN MENGISOLASI TABUNG PEMANAS AIR MENGGUNAKAN KARET BUSA PADA BEBERAPA KETEBALAN YANG BERBEDA

Encep Romli B., 123030115 and Endang Achdi, ds and Agus Sentana, DS (2018) PENINGKATKAN EFISIENSI DISPENSER AIR DENGAN MENGISOLASI TABUNG PEMANAS AIR MENGGUNAKAN KARET BUSA PADA BEBERAPA KETEBALAN YANG BERBEDA. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
wisuda.pdf

Download (435kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Dispenser air merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang telah banyak digunakan secara luas. Dalam pengoprasian dispenser air dibutuhkan energi listrik untuk memanaskan air di dalam bagian tabung air panas. Pada saat proses pemanasa air, kondisi bagian tabung air panas terbuka ke udara, sehingga terjadi rugi-rugi panas. Rugi - rugi panas ini pada bagian tabung air panas energi listrik yang dipakai oleh elemen pemanas untuk memanaskan air. Melalui tugas akhir ini diupayakan pengurangan rugi-rugi panas dari tabung air panas ke udara sekitar dengan cara mengisolasi bagian tabung air panas dengan menggunakan bahan isolator karet busa. Isolasi karet busa ini dilakukan dengan kerapatan berbeda-beda. Dari hasil analisis diperoleh waktu pemanasan awal dan pemanasan normal setelah diisolasi masing-masing menjadi lebih cepat 5,07 menit dan pemanasan normal 0,84 menit dibandingkan sebelum modifikasi. Pemakaian listrik sesudah modifikasi lebih renda 0,207.kWh dibandingkan sebelum modifikasi.Biaya pemakaian listrik setelah dimodifikasi lebih murah Rp. 8,297 dibandingkan sebelum modifikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 05 Oct 2018 06:30
Last Modified: 05 Oct 2018 06:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37508

Actions (login required)

View Item View Item