PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS III

NENG LOLA AMALIAH, 115060304 (2016) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS III. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
CAVER SKRIPSI.docx

Download (49kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (13kB)
[img] Text
bab I.docx

Download (24kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Durajaya Kabupaten Cirebon dengan subjek penelitian siswa kelas III dengan jumlah 25 orang penelitian ini didasari oleh kondisi pembelajar IPS yang kurang bermakna, masih menggunakan metode atau pendekatan secara tradisional. Guru hanya menggunakan metode ceramah saja dalam proses pembelajaran. Pembelajaran terjadi satu arah, sehingga kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran karena siswa kurang aktif dan kreatif malah cenderung pasif. Dalam hal ini siswa hanya duduk, mendengar, mencatat dan menghafal saja terhadap materi pelajaran. Siswa kurang kerja sama dengan temannya untuk bertukar pikiran. Proses pembelajaran terasa membosankan dan hanya berpusat pada guru (techer centered) yang berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi melestarikan lingkungan melalui media audio visual. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan terdiri 2 siklus, setiap siklus terdapat dua pertemuan dengan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi, dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa agar optimal. Berdasarkan pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan, diperoleh dan yang menunjukkan adanaya peningkatan hasil belajar dan hasil tes yaitu pada pembelajaran pra tindakan nilai rata – rata sebesar 53,4, pada siklus I nilai rata – rata 67,2 dan menjadi 84 pada siklus I. Berdasarkan hasil di atas penelitian ini di rekomendasikan sebagai salah satu bentuk inovasi pembelajaran dalam pembelajaran IPS maupun pembelajaran lainnya sebagai salah satu cara mengatasi masalah – masalah dalam pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar. Kata Kunci:Media audio visual, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2011
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Mar 2016 06:37
Last Modified: 17 Mar 2016 06:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/375

Actions (login required)

View Item View Item