PENGARUH SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT ANAK MELANJUTKAN SEKOLAH KE JENJANG YANG LEBIH TINGGI (Studi Deskriptif di Desa Buniara Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang)

TANTAN ANGGA HERDIAWAN, 155010042 (2018) PENGARUH SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT ANAK MELANJUTKAN SEKOLAH KE JENJANG YANG LEBIH TINGGI (Studi Deskriptif di Desa Buniara Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 - Cover.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 - ABSTRAK.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 - ABSTRAK ENGLISH VERSION.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 - BAB I.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 - BAB II.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 - BAB III.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] Text
9 - BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (997kB)
[img] Text
10 - BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img]
Preview
Text
11 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pendidikan di Desa Buniara dalam meningkatkan minat anak melanjutkan sekolah kejenjang yang lebih tinggi. Masalah sosial ekonomi orangtua berkaitan erat dengan kondisi ekonomi orangtua, kondisi tersebut merupakan salah satu faktor eksternal timbulnya minat anak melanjutkan sekolah kejenjang yang lebih tinggi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana sosial ekonomi orangtua di Desa Buniara? (2) Bagaimanan minat anak melanjutkan sekolah kejenjang yang lebih tinggi di Desa Buniara? (3) Adakah pengaruh sosial ekonomi orangtua terhadap minat anak melanjutkan sekolah kejenjang yang lebih tinggi?. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Desa Buniara diantaranya, 100 orang orangtua (Bapak/Ibu), dan 100 anak (dari berbagai tingkatan Pendidikan). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan metode analisi menggunakan survei explanatory dan analisis regresi sederhana dengan menggunakan SPSS for windows relese 18.0. Untuk mengetahui hubungan antara sosial ekonomi orangtua dengan minat anak melanjutkan sekolah kejenjang yang lebih tinggi maka digunakan analisis regresi sederhana. Dengan demikian, secara teoritik bahwa sosial ekonomi orangtua ada kaitannya dengan minat anak melanjutkan sekolah kejenjang yang lebih tinggi. Metode ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif deskritif korelasional, melalui pengumpulan data yakni dengan observasi langsung ke lapangan untuk mendapatkan data dan fakta yang valid. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari responden pada umumnya sosial ekonomi orangtua termasuk rendah, hal ini dapat dilihat dari hasil prosentase yaitu 33,2%, dan minat anak melanjutkan sekolah kejenjang yang lebih tinggi di Desa Buniara berada pada kategori rendah, hal ini dapat dilihat dari hasil prosentase yaitu 37,9%. Adapun koefisien korelasi antara sosial ekonomi orangtua dengan minat anak melanjutkan sekolah kejenjang yang lebih tinggi (rxy sebesar 0,31 Nilai ini dikonsultasikan dengan nila Product Moment dengan N= 200 dan taraf signifikasi 5% yaitu 0,31, maka artinya adanya hubungan antara sosial ekonomi orangtua terhadap minat anak melanjutkan sekolah kejenjang yang lebih tinggi di Desa Buniara. Kata kunci: Sosial Ekonomi, Minat dan melanjutkan Sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Oct 2018 03:36
Last Modified: 05 Oct 2018 03:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37483

Actions (login required)

View Item View Item