PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DAN PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUAGAN DAERAH (SAKD) TERHDAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DAERAH (Survey pada Pemerintah Kabupaten Bandung Barat)

DELA ASTRIA, 124020361 and Pembimbing I, Dr. H. Sasa. S. Suratman., SE., MSc., AK., CA and Pembimbing 2, Budi Septiawan., SE., M.AK., MBA (2018) PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) DAN PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUAGAN DAERAH (SAKD) TERHDAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DAERAH (Survey pada Pemerintah Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB-I.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB-II.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB-III.pdf

Download (827kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (428kB)

Abstract

ABSTRAK penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kompetensi Sumber Daya Manusia, Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, kualitas laporan keuangan dan seberapa besar pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia dan pencapaian Sistem Akuntansi Keuangan Daerah terhadap kualitas laporan keuangan pada SKPD pemerintah Kabupaten Bandung Barat. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah nalisis deskriptif dan verifkatif dengan menggunakan data primer. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, uji validitas, uji reabilitas, analisis regresi, korelasi, pengujian hipotesis dengan menggunakan uji parsial dan uji simultan serta analisis koefisien determinasi. Banyaknya populasi penelitian adalah 20 dinas, sampel penelitian yang digunakan adalah 19 dinas dengan sumber data yang diperoleh melalui hasil pengisian kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa secara parsial Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daeraha berpengaruh terhadap kinerja instansi pemerintah. Dimana besarnya pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia berpengaruh sebesar 22% dan Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daearh berpengaruh sebesar 39,7% terhadap kualitas laporan keuangan. Secara simultan Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangn dengan kontribusi sebesar 61,7% sedangkan sisanya yaitu sebesar 38,3% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti. Kata kunci : Kompetensi Sumber Daya Manusia, Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Kualitas Laporan Keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2012
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 04 Oct 2018 10:35
Last Modified: 04 Oct 2018 10:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37446

Actions (login required)

View Item View Item