PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH (SPIP) DAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH (SIAKD) TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Survey pada Pemerintah Kota Bandung)

Enwati, 144020188 and Pembimbing 1, Prof. Dr. H. Tubagus Hasanudin M.Sc.,C.P.A and Pembimbing 2, Annisa Adha Minaryanti.,SE.,M.Ak,Ak.,CA (2018) PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH (SPIP) DAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH (SIAKD) TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Survey pada Pemerintah Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER SA.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGASAHAN.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I FIX.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II FIX.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III FIX.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (28kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Sistem pengendalian internal pemerintah adalah sebuah proses kegiatan operasional organisasi yang dilakukan secara terus menerus dan merupakan bagian internal dari kegiatan manajemen dasar. Pengendalian internal juga hanya memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi. Sistem informasi akuntansi keuangan daerah yaitu serangkaian aktivitas yang tersusun secara sistematis yang dimulai dari prosedur, penyelenggaraan, peralatan dan elemen dalam fungsi akuntansi untuk menghasilkan laporan keuangan pemerintah daerah sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pelaksanaan APBD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sistem pengendalian internal pemerintah dan sistem informasi akuntansi keuangan daerah terhadap kualitas laporan keuangan. Unit penelitiannya adalah Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Bandung dan sasaran penelitiannya adalah pegawai yang bekerja di bagian Sub. Bagian Keuangan dan Program, Akuntansi Pendapatan dan Pembiayaan, Akuntansi Belanja dan Pencatatan dan Pelaporan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Bandung dengan jumlah sampel 28 orang. Jenis metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode survey dimana untuk mendapatkan data dengan cara mengedarkan kuesioner dan pendekatan penelitian menggunakan metode deskriptif dan asosiatif. Teknik analisa yang digunakan adalah kolerasi berganda dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal pemerintah dan sistem informasi akuntansi keuangan daerah berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan adalah sebesar 64,8% sedangkan sisanya yaitu sebesar 35,2% merupakan pengaruh faktor lain yang tidak termasuk dalam variabel yang diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Sistem Pengendalian Internal Pemerintah, Sistem Informasi Akuntansi Keuangan Daerah dan Kualitas Laporan Keuangan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2014
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 04 Oct 2018 08:33
Last Modified: 04 Oct 2018 08:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37425

Actions (login required)

View Item View Item