PEMBELAJARAN MENULIS PROPOSAL KARYA ILMIAH BERFOKUS PADA PERNYATAAN ARGUMENTATIF DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA KARTIKA XIX-1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ERISKA FEBRIANTY, 145030045 (2018) PEMBELAJARAN MENULIS PROPOSAL KARYA ILMIAH BERFOKUS PADA PERNYATAAN ARGUMENTATIF DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA KARTIKA XIX-1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak indo.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak inggris.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak sunda.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (590kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (22kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran menulis sebenarnya sudah diajarkan sejak dini, namun peserta didik masih saja mengalami kesulitan, apalagi dalam hal menuangkan ide. Hal tersebut saya ketahui setelah melakukan wawancara di kelas XI IIS 1 SMA Kartika XIX- 1 Bandung ketika melakukan Praktik Pengalaman Lapangan . Berkaitan dengan penjelasan tersebut, penulis tertarik melakukan penelitian dengan menggunakan model problem based learning. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah 1) Apakah penulis mampu dalam merencanakan, melaksankan dan menilai kegiatan pembelajaran menulis proposal karya ilmiah berfokus pada pernyataan argumentatif dengan menggunakan model problem based learning pada peserta didik kelas XI SMA Kartika XIX- 1 Bandung? 2) Bagaimanakah tingkat kemampuan peserta didik kelas XI SMA Kartika XIX- 1 Bandung dalam pembelajaran menulis proposal karya ilmiah berfokus pada pernyataan argumentatif? 3) Efektifkah model Problem Based Learning digunakan dalam pembelajaran menulis proposal karya ilmiah berfokus pada pernyataan argumentatif pada peserta didik kelas XI SMA Kartika XIX- 1 Bandung? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan teknik penelitian studi pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan, melaksankan dan menilai kegiatan pembelajaran menulis proposal karya ilmiah berfokus pada pernyataan argumentatif dengan menggunakan model problem based learning pada peserta didik kelas XI SMA Kartika XIX- 1 Bandung . Hal ini terbukti dengan hasil p enilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,97. Kemampuan penulis termasuk kategori baik sekali (A). 2. Peserta didik kelas XI SMA Kartika XIX- 1 Bandung mampu menulis proposal karya ilmiah berfokus pada pernyataan argumentatif. Hal ini terbukti dari hasi l rata-rata pretes sebesar 48,30 dan n ilai rata- rata postes sebesar 85,50, peningkatannya sebesar 37,20. 3. Model problem based learning efektif digunakan dalam pembelajaran menulis proposal karya ilmiah berfokus pada pernyataan argumentatif pada peserta didik kelas XI SMA Kartika XIX- 1 Bandung . Hal ini terbukti dari hasil perhitungan stati stik dengan hasil sebesar t hitung sebesar 13,19, t tabel sebesar 2,06 pada tingkat kepercayaan 95% taraf signifikan 5% dan db sebesar 25. Kata kunci: Pembelajaran, menulis, proposal karya ilmiah, pernyataan argumentatif, problem based learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 04 Oct 2018 08:15
Last Modified: 04 Oct 2018 08:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37420

Actions (login required)

View Item View Item