“PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA “( Sub ekonomi pokok bahasan koperasi kelas X IPS 3 di SMAN 6 Bandung)

DEVI RATNA AYU SAHARA, 145020106 (2018) “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA “( Sub ekonomi pokok bahasan koperasi kelas X IPS 3 di SMAN 6 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.indo.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT B.ING.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Ini Berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snpwball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Koperasi Kelas X Ips 3 Di SMAN 6 Bandung 2017/2018”.Tujuan penelitian ini yaitu ,1) untuk mengetahui bagaimana hasil pretest dan post tes sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran tipe snowball throwing dalam pembelajaran kooperasi di kelas X IPS 3 SMA Negri 6 Bandung.2) Untuk mengetahui berapa besar pengaruh siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan koperasi dalam mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS 3 SMA Negri 6 Bandung.Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dan desain yang digunakannya yaitu Quasi Eksperimen Design, bentuk desain Quasi Eksperimenyang dipilih adalah Nonequivalent Control Group Design, yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 3 dengan jumlah 33 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIPA 2 dengan jumlah 34 orang sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil posttestyang berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan hasil belajar sebesar 0.456 untuk kelas eksperimen, dan 0,500 untuk kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil uji beda (t), dari perhitungan di atas didapatkanmenunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,001, hal tersebut berarti terdapat perbedaan peningkatan nilai siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol.. Hipotesis penelitian berbunyi “Terdapat pengaruh positif antara media pembelajaran snowball throwing (X) terhadap hasil belajar siswa (Y) pada mata pelajaran koperasi” Kesimpulannya adalah terdapat peningkatan hasil belajar siswa antara kelas X IPS 3 yang menggunakan media pembelajaran snowball throwing dengan siswa kelas X MIPA 2 yang tidak menggunakan mediasnowball throwing. Dari hasil penelitian ini peneliti menganjurkan pembelajaran dengan media Pembelajaran snowball throwingdapat meningkatkan hasil belajar siswa, sebaiknya dijadikan sebagai salah satu alternative pilihan dalam kegiatan pembelajaran di kelas diterapkan dalam pembelajaran ekonomi khususnya pada materi koperasi. Kata kunci : Media Pembelajaran snowball throwing, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 04 Oct 2018 07:52
Last Modified: 04 Oct 2018 07:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37410

Actions (login required)

View Item View Item