DEVI RATNA AYU SAHARA, 145020106 (2018) “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA “( Sub ekonomi pokok bahasan koperasi kelas X IPS 3 di SMAN 6 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.indo.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT B.ING.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
RINGKESAN.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (187kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Ini Berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snpwball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Koperasi Kelas X Ips 3 Di SMAN 6 Bandung 2017/2018”.Tujuan penelitian ini yaitu ,1) untuk mengetahui bagaimana hasil pretest dan post tes sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran tipe snowball throwing dalam pembelajaran kooperasi di kelas X IPS 3 SMA Negri 6 Bandung.2) Untuk mengetahui berapa besar pengaruh siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan koperasi dalam mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS 3 SMA Negri 6 Bandung.Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dan desain yang digunakannya yaitu Quasi Eksperimen Design, bentuk desain Quasi Eksperimenyang dipilih adalah Nonequivalent Control Group Design, yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 3 dengan jumlah 33 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIPA 2 dengan jumlah 34 orang sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil posttestyang berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan hasil belajar sebesar 0.456 untuk kelas eksperimen, dan 0,500 untuk kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil uji beda (t), dari perhitungan di atas didapatkanmenunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,001, hal tersebut berarti terdapat perbedaan peningkatan nilai siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol.. Hipotesis penelitian berbunyi “Terdapat pengaruh positif antara media pembelajaran snowball throwing (X) terhadap hasil belajar siswa (Y) pada mata pelajaran koperasi” Kesimpulannya adalah terdapat peningkatan hasil belajar siswa antara kelas X IPS 3 yang menggunakan media pembelajaran snowball throwing dengan siswa kelas X MIPA 2 yang tidak menggunakan mediasnowball throwing. Dari hasil penelitian ini peneliti menganjurkan pembelajaran dengan media Pembelajaran snowball throwingdapat meningkatkan hasil belajar siswa, sebaiknya dijadikan sebagai salah satu alternative pilihan dalam kegiatan pembelajaran di kelas diterapkan dalam pembelajaran ekonomi khususnya pada materi koperasi. Kata kunci : Media Pembelajaran snowball throwing, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 04 Oct 2018 07:52 |
Last Modified: | 04 Oct 2018 07:52 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37410 |
Actions (login required)
View Item |