PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN, UKURAN DEWAN KOMISARIS, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016)

Septi Dwi Istiqomah, 144020164 and Pembimbing I, Dr. Atang Hermawan., SE., MSIE., AK (2018) PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN, UKURAN DEWAN KOMISARIS, PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (908kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (114kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Berkembangnya beberapa industri dapat memberikan dampak positif dan dampak negatif bagi masyarakat. Dampak negatif dari berkembangnya industri adalah dapat menyebabkan permasalahan pada kerusakan lingkungan dan permasalahan pada masyarakat yang ada berada di sekitarnya. Dampak dari kerusakan lingkungan ini haruslah menjadi perhatian dan dipertanggungjawabkan oleh perusahaan. Dengan cara mengalokasikan dana CSR di lingkungan sekitar dan melaporkan hasil dari pelaksanaan tanggung jawab perusahaan tersebut sebagai upaya pelaksanaan kewajiban perusahaan terhadap peraturan yang ada. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh kinerja lingkungan, ukuran dewan komisaris, profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap corporate social responsibility disclosure pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016. Kinerja lingkungan perusahaan dalam penelitian ini diukur dengan performa perusahaan dalam PROPER, ukuran dewan komisaris diukur dengan menghitung jumlah dewan komisaris, profitabilitas diukur dengan return on assets (ROA), leverage diukur dengan debt to equity ratio (DER), ukuran perusahaan diukur dengan menghitung logaritma natural dari total assets, dan corporate social responsibility disclosure diukur dengan CSR index. Pada penelitian ini, populasi yang digunakan adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling untuk mendapatkan sampel yang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Jumlah sampel yang didapat adalah sebanyak 17 perusahaan dengan periode penelitian 2014-2016 sehingga menghasilkan sampel sebanyak 51 data. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, analisis korelasi dan uji koefisien determinasi dengan bantuan SPSS 25 for Windows. Pengujian hipotesis dilakukan baik secara parsial dengan uji- t maupun secara simultan melalui uji F. Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda menunjukkan bahwa secara parsial kinerja lingkungan, ukuran dewan komisaris, leverage, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap corporate social responsibility disclosure. Sedangkan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility disclosure. Hasil penelitian secara simultan menunjukan bahwa kinerja lingkungan, ukuran dewan komisaris, profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap corporate social responsibility disclosure pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2016. Kata Kunci: Kinerja Lingkungan, Ukuran Dewan Komisaris, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Corporate Social Respo

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2014
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 04 Oct 2018 07:42
Last Modified: 04 Oct 2018 07:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37404

Actions (login required)

View Item View Item