WEGI SAPUTRA, 145020084 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI HOTS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 17 BANDUNG AJARAN 2017/2018 (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPA 5). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
RINGKESAN.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (411kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (522kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (754kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (95kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berorientasi Hots Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 17 Bandung Tahun Ajaran 2017/2018 (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPA 5). Dengan latar belakang hasil belajar ekonomi di SMA Negeri 17 Bandung. Banyak usaha yang dilakukan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu upayanya adalah dengan melakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning berorientasi hots. Upaya tersebut dilakukan agar hasil belajar siswa meningkat dan siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Permasalahan dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran problem based learning berorientasi hots dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X, serta mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran problem based learning pada sub tema koperasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 17 Bandung tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 2 kelas yang keseluruhannya berjumlah 66 orang siswa yaitu kelas X IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 6 Sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengolahan data dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji dan N-gain. Peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dilihat dari rata-rata pretest dan posttest sebesar 61,75 dan 75.60 dengan n-gain sebesar 0,60 yang termasuk ke interpretasi sedang (average) (0,30 < g < 0,70). Dengan demikian dapat disimpulan berdasarkan bukti dan hasil penelitian diatas, hipotesis penelitian dapat diterima yang artinya berarti bahwa Terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning berorientasi hots pada sub tema Koperasi. Sebagai akhir penelitian, peneliti memberikan saran kepada sekolah agar mengadakan pembinaan kepada guru terutama dalam model pembelajaran dan melengkapi fasilitas yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran, saran kepada guru diharapkan dapat menggunakan model problem based learning dalam proses pembelajaran agar dapat membantu siswa menjadi aktif, kreatif dan termotivasi, saran bagi siswa agar berperan aktif pada proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan yang diharapakan, dan saran bagi peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berorientasi Hots. Kata Kunci: Model Problem Based Learning berorientasi Hots, Hasil Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 04 Oct 2018 06:58 |
Last Modified: | 04 Oct 2018 06:58 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37391 |
Actions (login required)
View Item |