RENDA FRAMESEYLA ADINDA, 145010034 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKN KELAS X SMA NEGERI 1 CIPONGKOR (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SMA Negeri 1 Cipongkor) SKRIPSI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (329kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (714kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
|
Text
.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn yang harus ditingkatkan. Kondisi tersebut menuntut penggunaan model pembelajaran yang diharapkan mampu mengatasi permasalahan tersebut. Dalam masalah ini peranan guru sangat penting untuk menerapkan model pembelajaran yang cocok dengan kondisi siswa agar lebih aktif dalam proses pembelajaran dan kegiatan belajar lebih menyenangkan serta bervariasi sehingga hasil belajar siswa meningkat. Cara yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis mengambil judul “Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PPKn kelas X SMA Negeri 1 Cipongkor”. Penulis rumuskan masalah yaitu “Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn?”.Dalam penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reasch) yaitu suatu metode yang digunakan guru untuk memecahkan permasalahan pembelajaran yang terjadi dalam praktek mengajar untuk menuju pada situasi dan kondisi pembelajaran yang lebih baik dan kondusif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh adalah pelaksanaan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dalam mata pelajaran PPKn yang telah mampu meningkatkan hasil belajar siswa, pada siklus I dan siklus II yang mengalami peningkatan signifikan terutama dalam test tulis. Pada siklus I siswa yang memperoleh nilai KKM 76,5% dan siklus II siswa yang memperoleh nilai KKM 80%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Numbered Head Together untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus mengalami hasil belajar yang meningkat di kelas X SMA Negeri 1 Cipongkor. Kata Kunci : Model Pembelajaran Numbered Head Together, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 04 Oct 2018 06:38 |
Last Modified: | 04 Oct 2018 06:38 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37387 |
Actions (login required)
View Item |