PEMBANGUNAN APLIKASI MOBILE DONOR DARAH BERBASIS GEOLOCATION MENGGUNAKAN METODE REACTIVE PROGRAMMING (Studi Kasus : PMI Kota Bandung)

Arif Hanafiah, 14.304.0069 and Leony Lidya, DS (2018) PEMBANGUNAN APLIKASI MOBILE DONOR DARAH BERBASIS GEOLOCATION MENGGUNAKAN METODE REACTIVE PROGRAMMING (Studi Kasus : PMI Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
TA_Arif_hanafiah_143040069.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Pada masa modern seperti sekarang masyarakat ingin mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat oleh karena itu perkembangan teknologi dapat membantu manusia untuk mencari, menyebarkan, dan mendapatkan informasi. Perkembangan teknologi yang mempengaruhi aktivitas masyarakat sehari-hari mengharuskan Palang Merah Indonesia untuk menyesuaikan teknologi yang digunakan. Pada saat ini PMI belum memiliki teknologi yang mampu mengatur menyebarkan informasi kegiatan donor darah dengan cepat sehingga masih menggunakan pendataan tertulis yang dilakukan secara manual oleh para petugas. Selain itu ada beberapa orang yang melakukan pencarian darah yang dibutuhlan tetapi dengan cara menelepon dan mengirim pesan singkat baik itu berupa chat, email, dll sehingga tidak efisien. Oleh karena itu dilakukan perancangan sebuah aplikasi. Tahap awal perancangan adalah mengidentifikasi kebutuhan terhadap responden yang merupakan pendonor dan orang pencari pendonor. Hasil dari penelitian sebuah aplikasi yang memiliki fitur utama untuk mendaftar donor darah, pencarian pendonor darah, dan menyebarkan informasi tentang kegiatan donor darah pada suatu wilayah, menampilkan posisi user yang memiliki darah yang sedang dibutuhkan dengan acara ditampilkannya pada peta digital. Kata kunci : PMI, perangkat lunak, berbasis mobile, donor darah, penyelenggaraan kegiatan donor darah, peta digital.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 04 Oct 2018 05:06
Last Modified: 04 Oct 2018 05:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37373

Actions (login required)

View Item View Item