PENGARUH PENGAWASAN KEUANGAN, AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN KEUANGAN TERHADAP KINERJA PEMERINTAH DAERAH (Survey pada Dinas di Pemerintah Kabupaten Bandung Barat)

Sopyan Badruzzaman, 144020286 and Pembimbing I, Ruslina Lisda, S.E., MSi., Ak., CA (2018) PENGARUH PENGAWASAN KEUANGAN, AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN KEUANGAN TERHADAP KINERJA PEMERINTAH DAERAH (Survey pada Dinas di Pemerintah Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengasaan sopyan.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengawasan keuangan, akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan terhadap kinerja pemerintah daerah. Populasi pada penelitian ini adalah pada Team Anggaran di dinas-dinas Kabupaten Bandung Barat Jumlah sampel yang diambil sebanyak 40 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui data primer dengan kuesioner. Teknik sampling menggunakan teknik Probability Sampling dengan menggunakan metode Simpel Random Sampling. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reabilitas, analisis korelasi berganda, analisis regresi linier berganda, uji T, uji F, uji asumsi klasik, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa besarnya pengaruh pengawasan keuangan terhadap kinerja pemerintah daerah yaitu sebesar 9,5%. Pengaruh akuntabilitas pengelolaan keuangan terhadap kinerja pemerintah daerah memberikan pengaruh sebesar 22,5%. Pengaruh transparansi pengelolaan keuangan daerah terhadap kinerja pemerintah daerah memberikan pengaruh sebesar 29,0%. Secara simultan menunjukan bahwa besarnya pengaruh pengawasan keuangan, akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan terhadap kinerja pemerintah daerah sebesar 61,0% Sedangkan sisanya yaitu sebesar 39% dipengaruhi factor lain yang tidak diamati dalam penelitian ini. Dengan demikian, semakin tinggi pengaruh pengawasan keuangan, akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan maka akan semakin meningkatkan kinerja pemerintah daerah. Kata kunci : pengawasan keuangan, akuntabilitas pengelolaan keuangan, transparansi pengelolaan keuangan dan kinerja pemerintah daerah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2014
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 04 Oct 2018 04:46
Last Modified: 04 Oct 2018 04:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37365

Actions (login required)

View Item View Item