PERANCANGAN ARSITEKTUR INFORMASI UNTUK WISMA LANSIA MENGGUNAKAN METODE BUSINESS SYSTEM PLANNING (Studi Kasus : Wisma Lansia Juliana Soenarti Nasution)

Eneng Novi Royanti, 14.304.0224 and Sali Alas Majapahit, DS and Shanti Herliani, DS (2018) PERANCANGAN ARSITEKTUR INFORMASI UNTUK WISMA LANSIA MENGGUNAKAN METODE BUSINESS SYSTEM PLANNING (Studi Kasus : Wisma Lansia Juliana Soenarti Nasution). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
watermark (2).pdf

Download (239kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Sistem informasi yang baik dapat memberikan informasi yang tepat untuk setiap bagian dalam sebuah organisasi. Terkadang sistem informasi yang ada pada sebuah organisasi tidak memiliki informasi yang baik dan benar sehingga kurang mendukung kegiatan untuk mencapai tujuan organsiasi. Arsitektur informasi merupakan solusi untuk memetakan atau membuat perencanaan kebutuhan-kebutuhan informasi pada setiap bagian organisasi. Arsitektur informasi merupakan kumpulan kebutuhan bisnis perusahaan, informasi, satuan proses yang dipetakan menjadi aliran informasi yang mengendalikan bisnis untuk memilih, membangun dan memelihara informasi sehingga produk arsitektur informasi merupakan representasi grafis dari rencana bisnis jangka panjang dan blue-print sistem informasi saat ini dan yang akan datang, dengan data sebagai sumber daya yang dikelola dan informasi adalah hasil dari pengolahan sumber daya tersebut. Dalam perancangan arsitektur informasi ini menggunakan konsep Business System Planning (BSP). Business System Planning (BSP) adalah pendekatan terstruktur untuk membantu bisnis dalam membangun sebuah sistem informasi yang berencana memenuhi kebutuhan informasi jangka pendek dan jangka panjang. Fokus utama metodologi business system planning adalah bagaimana sistem informasi menjadi terstruktur, terintegrasi dan diimplementasikan dalam jangka waktu yang cukup lama. Business system planning merupakan proses untuk mentranslasikan strategi bisnis menjadi strategi sistem informasi. Hasil penilitian tugas akhir ini berupa rancangan arsitektur informasi untuk Wisma Lansia J. Soenarti Nasution. Dengan adanya arsitektur informasi maka dapat diketahui informasi yang dibutuhkan oleh enterprise dan bagian-bagian mana yang menggunakan informasi tersebut. Kata kunci: Arsitektur Informasi, Wisma, Lansia, Wisma Lansia, Business System Planning (BSP)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 03 Oct 2018 09:47
Last Modified: 03 Oct 2018 09:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37340

Actions (login required)

View Item View Item