ANALISIS KINERJA JARINGAN WLAN PADA PROSES DOWNLOAD DENGAN PARAMETER PACKET LOSS (STUDI KASUS : FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PASUNDAN)

Prayudo Gumilar, 13.304.0136 and Doddy Ferdiansyah, DS and Iwan Kurniawan, DS (2018) ANALISIS KINERJA JARINGAN WLAN PADA PROSES DOWNLOAD DENGAN PARAMETER PACKET LOSS (STUDI KASUS : FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PASUNDAN). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Arsip_Digital_133040136.pdf

Download (215kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Salah satu perkembangan dibidang telekomunikasi adalah teknologi jaringan wireless. Dimana jaringan wireless ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengguna komputer yang menggunakan teknologi ini untuk mengakses jaringan komputer atau internet, dikarenakan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi jaringan wireless ini. Fakultas Teknik Universitas Pasundan menggunakan teknologi jaringan wireless sebagai layanan akses internet untuk mahasiswanya. Kebutuhan layanan akses internet mahasiswa salah satunya digunakan untuk melakukan pengunduhan file atau data. Semakin banyak pengguna yang melakukan pengunduhan (download) maka masalah pun terjadi yaitu akan mengakibatkan pertukaran data melambat dan mengalami kehilangan data (packet loss) saat melukan proses pengunduhan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar jumlah packet loss pada proses download di jaringan WLAN. Penelitian ini dimulai dari pengumpulan data dengan cara wawancara dan observasi, analisis profil perangkat keras, analisis alokasi bandwith dan pengguna hotspot. Kemudian melakukan uji pengamatan pada jaringan WLAN Fakultas Teknik Universitas Pasundan menggunakan tools Wireshark. Setelah itu dilakukan penghitungan menggunakan rumus dan penilaian dengan cara membandingkan dengan kategori Quality Of Service. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah informasi berupa banyaknya pakat yang hilang selama proses download. . Hasil dari peneletian ini dapat menjadi bahan informasi dan kajian bagi pihak pengelola jaringan Fakultas Teknik Universitas Pasundan untuk layanan akses internet. Kata Kunci : Packet Loss, Quality Of Service, wireshark, WLAN, Download.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 03 Oct 2018 08:59
Last Modified: 03 Oct 2018 08:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37333

Actions (login required)

View Item View Item