PENGUJIAN CELAH KEAMANAN PADA WEBSITE CAPTIVE PORTAL DENGAN MENERAPKAN PENETRATION TESTING (Studi Kasus: Teknik Informatika Universitas Pasundan)

Iqbaludin, 13.304.0147 and Doddy Ferdiansyah, DS and Iwan Kurniawan, DS (2018) PENGUJIAN CELAH KEAMANAN PADA WEBSITE CAPTIVE PORTAL DENGAN MENERAPKAN PENETRATION TESTING (Studi Kasus: Teknik Informatika Universitas Pasundan). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
133040147.pdf

Download (350kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Teknik Informatika Unpas sudah menerapkan captive portal untuk di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Pasundan dalam mengamankan layanan internet. Website captive portal tersebut dapat diakses dimana saja dan oleh siapa saja tetapi jika ingin melakukan registrasi hanya bisa dilakukan jika pengguna merupakan mahasiswa Unpas. Hal tersebut tidak menutup kemungkinan adanya percobaan serangan atau gangguan baik dari internal maupun eksternal yang memungkinkan bahwa layanan website tersebut akan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Tentunya hal ini harus diperhatikan sebagai acuan untuk pengembang maupun pengelola dalam menjaga keamanan. Untuk menjaga keamanan pada website captive portal, pengembang atau pengelola harus mengetahui celah keamanan yang terdapat pada website captive portal terlebih dahulu sebelum diketahui oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Oleh karena itu, untuk mengetahui celah keamanan pada website captive portal diperlukan pengujian dengan menerapkan penetration testing pada website captive portal Teknik Informatika Unpas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui celah keamanan pada website captive portal dengan menerapkan penetration testing. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan informasi mengenai aplikasi web, melakukan analisis celah keamanan pada aplikasi web dan melakukan pengujian berdasarkan celah keamanan yang memiliki tingkat risiko sedang (medium) dan berdasarkan salah satu ancaman yang paling sering terjadi yang dimuat dalam OWASP Top 10 – 2017. Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui apakah website captive portal Teknik Informatika Unpas rentan terhadap serangan yang diujikan tersebut. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah hasil pengujian website captive portal yang dapat digunakan oleh pengembang maupun pengelola untuk memperbaiki keamanan pada website captive portal Teknik Informatika Unpas. Kata kunci : internet, aplikasi web, website captive portal, penetration testing, celah keamanan, OWASP Top 10 - 2017

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 03 Oct 2018 08:54
Last Modified: 03 Oct 2018 08:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37332

Actions (login required)

View Item View Item