RIDHA MERLIANA AZ-ZAHRA, 145060215 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Indahnya Kebersamaan di Kelas IV SDN 066 Halimun Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/219). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (542kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (737kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model inkuiri pada Keberagaman Budaya Bangsaku. Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN 066 Halimun Kota Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa yang kurang menunjukkan sikap peduli dan santun, serta pembelajaran yang kurang aktif, dikarenakan siswa masih belum berani dalam mengemukakan pendapat, bertanya atau menjawab pertanyaan dan dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode dan media yang kurang bervariasi dan guru dalam menjelaskan materi hanya terpacu pada buku pegangan sehingga siswa cenderung menjadi pasif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Kelas dengan desain penelitian Kemmis dan Mc. Tagart. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dan kegiatan sesuai dengan tahap-tahap model inkuiri. Pengumpulan data menggunakan hasil tes, dan observasi sikap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran pada hasil belajar siswa siklus I sampai siklus III memperoleh nilai 13,51% menjadi 81%, sikap peduli pada siklus I sampai siklus III yaitu 32,4% menjadi 83,7%, sikap santun pada siklus I sampai siklus III memperoleh nilai 35,13% menjadi 81%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan model inkuiri mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Kata Kunci : Model Inkuiri, Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 08:51 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 08:51 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37331 |
Actions (login required)
View Item |