ANALISIS KESALAHAN PENULISAN AFIKS PADA SISWA KELAS X SMAN 1 PARONGPONG DALAM MENGUNGKAPKAN KETELADANAN TOKOH TEKS BIOGRAFI TAHUN AJARAN 2017/2018

SITI NURUL AZIZAH, 145030033 (2018) ANALISIS KESALAHAN PENULISAN AFIKS PADA SISWA KELAS X SMAN 1 PARONGPONG DALAM MENGUNGKAPKAN KETELADANAN TOKOH TEKS BIOGRAFI TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (285kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img]
Preview
Text
19._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya kesalahan penulisan afiks siswa kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam mengungkapakan keteladanan tokoh teks biografi dengan menggunakan penulisan afiks yang tepat dilihat dari bentuk, fungsi dan makna. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 5 SMAN 1 Parongpong. Fokus penelitian ini yaitu pemberian tugas berupa mengungkapkan kembali keteladanan tokoh teks bigrafi dalam bentuk deskripsi secara tertulis. Data yang terkumpul berjumlah tiga puluh empat tulisan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Setelah data terkumpul dari hasil pengamatan dideskripsikan dalam bentuk tulisan. Teknik analisis yang digunakan yaitu menggunakan langkah-langkah pengklasifikasian, pengodean, pengoreksian, perekapitulasian, pembahasan dan penyimpulan. Hasil penelitian diperoleh dua puluh delapan yang termasuk dalam kesalahan penulisan afiks. Kesalahan yang sering dilakukan siswa yaitu pada penulisan prefiks di- dengan presentase sebanyak 41,93%, penulisan konfiks di-i 17,74% penulisan konfiks me-kan 12,90%, penulisan konfiks di-kan 12,90%, penulisan sufiks -nya 3,22%, penulisan prefiks me- 3,22%, penulisan konfiks me-i 3,22%, penulisan prefiks ke-an 1,61%. Hasil data penelitian tersebut diperkuat dengan adanya wawancara dengan Guru Bahasa Indonesia kelas X IIS 5. Penyebab kesalahan penulisan afiks pada siswa dikarenakan siswa lebih senang main-main daripada memperhatikan gurunya. Selain itu upaya mengatasi permasalahan afiks siswa dengan cara guru memberikan latihan soal mengenai afiksasi dalam bentuk cerita. Berdasarkan bukti data hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa kesalahan penulisan afiks siswa kelas X sangat rendah. Saran yang dapat disampaikan yaitu perlu adanya bimbingan khusus pada siswa untuk meminimalkan kesalahan penulisan afiks. Seperti halnya memberikan latihan soal dan pekerjaan rumah mengenai afiksasi. Kata Kunci: Kesalahan afiks, keteladanan tokoh, dan teks biografi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Oct 2018 08:42
Last Modified: 03 Oct 2018 08:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37324

Actions (login required)

View Item View Item