PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DARI TEKS EKSPLANASI YANG DIBACA MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PASUNDAN 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

RISNA RESTU AMILA, 145030093 (2018) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DARI TEKS EKSPLANASI YANG DIBACA MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PASUNDAN 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indo.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Ing .pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I bismillah.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II bismillah.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III bismillah.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text
BAB IV bismillah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V bismillah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img]
Preview
Text
Fix DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat baca peserta didik. Penulis tertarik menerapkan metode pembelajaran make a match pada pembelajaran mengidentifikasi infomasi dari teks eksplanasi yang dibaca. Metode ini mendorong peserta didik untuk saling bekerjasama dalam menyelesaikan tugas. Penulis mengajukan beberapa rumusan masalah yaitu: 1) Mampukah penelti merencanakan, melaksanakan dan menilai Pembelajaran Mengidentifikasi Informasi dari Teks Eksplanasi yang Dibaca Menggunakan Metode Make a Match pada siswa kelas VIII SMP Pasundan 1 Bandung? 2) Mampukah peserta didik mengidentifikasi informasi dari teks eksplanasi dengan tepat? 3) Efektifkah metode make a match digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksplanasi? Adapun hasil penelitian yaitu: 1) Peneliti mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai Pembelajaran Mengidentifikasi Informasi dari Teks Eksplanasi yang Dibaca Menggunakan Metode Make a Match pada siswa kelas VIII SMP Pasundan 1 Bandung. 2) Peserta didik mampu mengidentifikasi informasi dari teks eksplanasi yang dibaca dengan menggunakan metode make a match. 3) Penerapan metode make a match efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksplanasi pada VIII-E sebagai kelas eksperimen SMP Pasundan 1 Bandung. Hal itu terbukti dari perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol yaitu pada kelas eksperimen sebesar 80,30 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 71,90. Berdasarkan hasil uji statistik pada kelas eksperimen nilai thitung > ttabel, yaitu 18,47 > 2,093 dengan nilai d.b 19 dan tingkat kepercayaan 95%. Hasil uji statistik kelas kontrol, yaitu thitung > ttabel, yaitu 10,59 > 2,093 dengan nilai d.b 19 dan tingkat kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil tersebut maka nilai thitung kelas eksperimen lebih besar dari thitung pada kelas kontrol. Nilai thitung pada kelas eksperimen yaitu 18,47, sedangkan nilai thitung pada kelas kontrol adalah 10,59. Artinya nilai thitung kelas eksperimen > thitung kelas kontrol. Berdasarkan hal tersebut, maka metode pembelajaran make a match efektif dalam meningkatkan keterampilan peserta didik dalam mengidentifikasi teks eksplanasi. Kata kunci: Pembelajaran, mengidentifikasi, teks eksplanasi, metode make a match.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat baca peserta didik. Penulis tertarik menerapkan metode pembelajaran make a match pada pembelajaran mengidentifikasi infomasi dari teks eksplanasi yang dibaca. Metode ini mendorong peserta didik untuk saling bekerjasama dalam menyelesaikan tugas. Penulis mengajukan beberapa rumusan masalah yaitu: 1) Mampukah penelti merencanakan, melaksanakan dan menilai Pembelajaran Mengidentifikasi Informasi dari Teks Eksplanasi yang Dibaca Menggunakan Metode Make a Match pada siswa kelas VIII SMP Pasundan 1 Bandung? 2) Mampukah peserta didik mengidentifikasi informasi dari teks eksplanasi dengan tepat? 3) Efektifkah metode make a match digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksplanasi? Adapun hasil penelitian yaitu: 1) Peneliti mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai Pembelajaran Mengidentifikasi Informasi dari Teks Eksplanasi yang Dibaca Menggunakan Metode Make a Match pada siswa kelas VIII SMP Pasundan 1 Bandung. 2) Peserta didik mampu mengidentifikasi informasi dari teks eksplanasi yang dibaca dengan menggunakan metode make a match. 3) Penerapan metode make a match efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksplanasi pada VIII-E sebagai kelas eksperimen SMP Pasundan 1 Bandung. Hal itu terbukti dari perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol yaitu pada kelas eksperimen sebesar 80,30 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 71,90. Berdasarkan hasil uji statistik pada kelas eksperimen nilai thitung > ttabel, yaitu 18,47 > 2,093 dengan nilai d.b 19 dan tingkat kepercayaan 95%. Hasil uji statistik kelas kontrol, yaitu thitung > ttabel, yaitu 10,59 > 2,093 dengan nilai d.b 19 dan tingkat kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil tersebut maka nilai thitung kelas eksperimen lebih besar dari thitung pada kelas kontrol. Nilai thitung pada kelas eksperimen yaitu 18,47, sedangkan nilai thitung pada kelas kontrol adalah 10,59. Artinya nilai thitung kelas eksperimen > thitung kelas kontrol. Berdasarkan hal tersebut, maka metode pembelajaran make a match efektif dalam meningkatkan keterampilan peserta didik dalam mengidentifikasi teks eksplanasi. Kata kunci: Pembelajaran, mengidentifikasi, teks eksplanasi, metode make a match.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2018 07:39
Last Modified: 03 Oct 2018 07:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37306

Actions (login required)

View Item View Item