PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF AWARENNES SISWA SMK MELALUI PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING

M. PITRUN RAMDANI, 145050014 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF AWARENNES SISWA SMK MELALUI PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (436kB) | Preview
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (982kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang diajarkan di setiap jenjang pendidikan. Kemampuan pemahaman matematis sangat diperlukan siswa dalam memahami matematika. Namun kemampuan pemahaman matematis siswa ternyata masih rendah. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis adalah pendekatan Rigorous Mathematical Thinking. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Rigorous Mathematical Thinking lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional, 2) Menganalisis self awareness siswa yang memperoleh pembelajaran Rigorous Mathematical Thinking lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional dan 3) Mengetahui korelasi antara self awareness siswa dengan kemampuan pemahaman matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan Rigorous Mathematical Thinking. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMK Nasional tahun ajaran 2018-2019. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X AP 1 dan X AP 2 SMK Nasional sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemahaman matematis dan angket Self-awarennes yang menggunakan skala Likert. Tes dan angket diujicobakan terlebih dahulu di kelas XI AP. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS 20. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan 1) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Rigorous Mathematical Thinking lebih baik dari pada kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, 2) Self-awarennes siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan Rigorous Mathematical Thinking lebih baik dari pada self-awarennes siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, 3) Tidak terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman matematis dan self-awarennes siswa yang memperoleh pembelajaran Rigorous Mathematical Thinking. Oleh karena itu pembelajaran menggunakan pendekatan Rigorous Mathematical Thinking dapat dijadikan suatu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan. Kata kunci: Pemahaman Matematis, pendekatan Rigorous Mathematical Thinking, Self-awarennes.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2018 07:28
Last Modified: 03 Oct 2018 07:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37301

Actions (login required)

View Item View Item