PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia di Kelas V SDN 066 Halimun Kecamatan Lengkong Kota Bandung)

Arip Budiman, 145060212 (2018) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia di Kelas V SDN 066 Halimun Kecamatan Lengkong Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (849kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model problem based learning pada Subtema Organ Gerak Hewan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN 066 Halimun Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan peserta didik yang kurang menunjukkan sikap percaya diri dan hasil belajar yang kurang, dikarenakan peserta didik masih belum berani dalam mengemukakan pendapat, bertanya atau menjawab pertanyaan dan dalam pembelajaran pendidik hanya menggunakan metode dan media yang kurang bervariasi dan guru dalam menjelaskan materi hanya terpacu pada buku pegangan sehingga siswa cenderung menjadi pasif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksakan dalam 3 siklus dan kegiatan sesuai dengan tahap-tahap model problem based learning. Pengumpulan data menggunakan hasil tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik pada siklus I sampai siklus III memperoleh nilai 24% sampai dengan 86%, dan sikap percaya diri pada siklus I sampai dengan siklus III yaitu 24% menjadi 86%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan model problem based learning mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Subtema Organ Gerak Hewan. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2018 06:53
Last Modified: 03 Oct 2018 06:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37292

Actions (login required)

View Item View Item