PEMBELAJARAN MENELAAH TEKS ULASAN NOVEL PADA STRUKTUR ORIENTASI DENGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA SMP KELAS VIII TAHUN 2017/2018

ERVRITA LENGGANASARI, 145030109 (2018) PEMBELAJARAN MENELAAH TEKS ULASAN NOVEL PADA STRUKTUR ORIENTASI DENGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA SMP KELAS VIII TAHUN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
06. cover dan lembar pengesahan.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
01. BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. BAB II.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. BAB III.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text
04. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Keterampilan membaca sangat berkaitan dengan keterampilan menulis, seseorang tidak dapat menulis jika belum membaca sebelumnya apabila seseorang bermasalah dalam menulis, itu tandanya orang tersebut bermasalah dalam keterampilan membaca. Selain keterampilan membaca, keterampilan berbicara pun memengaruhi proses keterampilan menulis. Berbicara dibutuhkan agar dapat memahami isi atau makna yang terdapat dalam bacaan dengan jelas, sehingga memudahkan seseorang untuk menulis. Pembelajaran teks ulasan novel adalah kegiatan dalam pembelajran yang berisi materi mengulas sebuah karya sastra khususnya novel dengan memperhatikan struktur dan unsur teks ulasan. Dalam kurikulum Bahasa Indonesia menjadi kurikulum 2013 perlu untuk di adakan evaluasi berkaitan dengna itu, maka diperlukan penelitian mengenai pembelajran teks ulasan novel tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal, yang encakup perencanaan pembelajran teks ulasan novel, pelaksanaan pembelajaran teks ulasan novel, dan penilaian pembelajaran teks ulasan novel di kelas VIIII D SMP Pasundan 4 Bandung. Pelaksanaan pembelajaran menyusun teks ulasan novel pada siswa VIII D dilaksanakan dalam satu kali pertemuan. Kegiatan yang dilakukan terdiri dari (1) kegiatan awal, (2) kegiatan inti, dan (3) kegitan penutup. Saat pembelajaran berlangsung, guru menjalankan pembelajaran dengna penilaian saitifik. hasil data pretes didapatkan hasil skor minimum sebesar 25, selanjutnya skor maksimum sebesar 62, nilai total sebesar 780. Kemudian hasil data postes skor minimum sebesar 50, selanjutnya skor maximum sebesar 95, nilai total sebesar 1.546. Mengenai keefektifan media audiovisual dibuktikan dengan hasil pada kelas VIII D sebagian besar responden pada kategori tinggi sebanyak 20 orang atau 100%. Artinya, media Numbered heaf together lebih efektif karena mendapat respon lebih tinggi dalam pembelajaran menelaah teks ulasan novel berfokus pada struktur orientasi dengan menggunakan metode Numbered Head Togeter. Berdasarkan pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode Numbered Head Together efektif digunakan dalam pembelajaran teks ulasan novel. Kata Kunci: Membaca, Menelaah, Metode, Novel, Numbered Head Together.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2018 04:44
Last Modified: 03 Oct 2018 04:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37263

Actions (login required)

View Item View Item