Yunita Mahmud, 145020005 (2018) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IIS DI SMA NEGERI 20 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover revisi.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 revisi lagi.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2 revisi lagi.pdf Download (501kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3 revisi lagi.pdf Download (454kB) | Preview |
|
Text
BAB 4 revisi lagi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (63kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA Negeri 20 Bandung. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya nilai rata – rata dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SMA Negeri 20 Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di SMA Negeri 20 Bandung; (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di SMA Negeri 20 Bandung; (3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di SMA Negeri 20 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IIS SMA Negeri 20 Bandung tahun ajaran 2017-2018. Adapun sampel penelitiannya adalah sebanyak dua kelompok kelas yaitu peserta didik kelas XI IIS SMA Negeri 20 Bandung yang dipilih secara acak dari populasi yang ada. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa penyebaran angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t melalui program SPSS 20.0 for Windows yaitu dengan tanda signifikasi dibawah hasil olah data dengan ketentuan tanda (*) yang berarti significan 0,05 dan (**) significan 0,01. Dapat disimpulkan dilihat dari angka rata-rata hitung sebesar 58,57 dan rata-rata ideal sebesar 51,5 yang dihitung dari (28+75)/2, maka rata-rata hitung lebih besar dari rata-rata ideal (58,57>51,5). Dilihat dari angka ratarata hitung sebesar 66,39 dan rata-rata ideal sebesar 62,5 yang dihitung dari (45+80)/2, maka rata-rata hitung lebih besar dari rata-rata ideal (66,39>62,5). Berdasarkan hasil olah data, diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,235 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas yaitu Motivasi Belajar (X) terhadap variabel terikat yaitu Hasil Belajar (Y) adalah sebesar 23,5% selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Sebagai akhir penelitian, penulis menyarankan Bagi guru, diharapkan untuk mencari suasana baru dalam pembelajaran ekonomi guna untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, misalnya dengan menggunakan model pembelajaram dapat digunakan sebagai alternatif variasi dalam pembelajaran. Kata Kunci: Motivasi belajar siswa, hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 04:13 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 04:13 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37259 |
Actions (login required)
View Item |