PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA SUBTEMA PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III Semester I di SDN Bojongloa 6 Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung Tahun Ajaran 2017-2018)

EGGA ADHIWISASTRA, 135060071 (2018) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA SUBTEMA PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III Semester I di SDN Bojongloa 6 Kecamatan Bojongloa Kidul Kota Bandung Tahun Ajaran 2017-2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahsa Inggris.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (160kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena masih banyak siswa yang kurang menunjukkan kreatifitas dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru yang masih menggunakan model konvensional dimana pembelajaran berpusat pada guru (teacher center) dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kreatifitas, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan subtema Perkembangbiakan Hewan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Bojongloa 6, sebanyak 35 orang yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 26 siswi perempuan. Hasil penelitian pada siklus I kreatifitas siswa cenderung berada pada kategori kurang baik yang rata-ratanya bernilai sebesar 52,85%. Pada siklus II kecenderungan kreatifitas siswa meningkat pada kategori baik dari jumlah keseluruhan siswa sebesar 67,13%. Pada siklus terakhir atau siklus III kreatifitas hampir semua siswa meningkat sebesar 84,28%. Hasil belajar pada siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 17 orang atau sebesar 48,57% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 18 orang siswa atau sebesar 51,42%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 25 orang atau sebesar 71,42% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 10 orang siswa atau sebesar 28,57%. Pada siklus III jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 30 orang atau sebesar 85,71% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 5 orang siswa atau sebesar 17,28%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Cooperative Learning Tipe Example Non Example dapat meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tema Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan subtema Perkembangbiakan Tumbuhan. Kata Kunci: Model Cooperative Learning Tipe Example Non Example, Kreativitas, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2018 03:53
Last Modified: 03 Oct 2018 03:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37251

Actions (login required)

View Item View Item