PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERBANKAN DI SMK BINA WARGA BANDUNG

R. DEWI AYU SEPHIA TRISENDA, 145020014 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERBANKAN DI SMK BINA WARGA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. abstract.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. ringkesan.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (407kB) | Preview
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (910kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
7. Daftar pustaka.pdf

Download (147kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang pasif di dalam kelas sehingga mempengaruhi efektivitas belajar siswa, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran konstruktivisme pada mata pelajaran perbankan di kelas AK 1 SMK Bina Warga Bandung, serta mengetahui efektivitas belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran konstruktivisme dan untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan model pembelajaran konstruktivisme terhadap efektivitas belajar siswa pada mata pelajaran perbankan. Penelitian ini menggunakan metode Kuasi Eksperimen, dengan menggunakan pendekatan Kuantitatif dan teknik pengumpulan data dengan cara pre-test dan post-test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AK 1 SMK Bina Warga Bandung sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 siswa dan kelas X AK 2 SMK Bina Warga Bandung sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 siswa. Berdasarkan hasil pegujian hipotesis diketahui bahwa uji hipotesis data signifikan karena T hitung (17,08) > T table (2,04). Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima karena terdapat perbedaan antara rata-rata pretest (41.4) dan posttest (73,22). Nilai koefisien determinasi (KD) adalah 0,6561 atau 65,61%. Angka ini menunjukan bahwa 65,61% efektivitas belajar siswa dipengaruhi model pembelajaran konstruktivisme sedangkan sisanya 34, 39% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan angka koefisien determinasi diatas, diketahui bahwa penerapan model pembelajaran konstruktivisme mempengaruhi efektivitas belajar siswa. Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif terhadap peningkatan efektivitas belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kesimpulan hasil penelitian ternyata model pembelajaran konstruktivisme dapat mempengaruhi efektivitas belajar siswa dalam menerima pembelajaran dikelas. Sebagai akhir penelitian ini penulis menyampaikan saran kepada guru hendaknya dapat bekerja sama dengan siswa dalam menciptakan kondisi belajar yang lebih baik dan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme agar meningkatkan efektivitas belajar siswa. Kata kunci : Model Pembelajaran Konstruktivisme, Efektivitas Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Oct 2018 03:28
Last Modified: 03 Oct 2018 03:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37240

Actions (login required)

View Item View Item