“PERANAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN TERHADAP PERILAKU ANAK DI MASYARAKAT” (Studi Deskriptif Di Desa Kertamulya Kecamatan Padalarang)

NOVI TRI HANDAYANI, 145010031 (2018) “PERANAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN TERHADAP PERILAKU ANAK DI MASYARAKAT” (Studi Deskriptif Di Desa Kertamulya Kecamatan Padalarang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Peran dan tanggung jawab orang tua sangat diperlukan dalam memberikan pendidikan disiplin dalam keluarga., Karena keluarga adalah madrasah pertama bagi anak-anak mereka. Harapan setiap orang tua menginginkan anak-anak mereka menjadi manusia, yang berguna untuk agama, keluarga, sekolah, komunitas, bangsa, dan coutry. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asuh yang diterapkan oleh orang tua, untuk mengetahui upaya orang tua, dan bagaimana orang tua berperan dalam meningkatkan disiplin perilaku anak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif, yang merupakan lokasi penelitian di desa kertamulya, kecamatan padalarang, kabupaten bandung barat. Data penelitian meliputi sumber data utama, yaitu informan atau responden dan sumber data tambahan. Informan terdiri dari 6 keluarga yang memiliki remaja berusia 13-15 tahun yang tinggal di desa kertamulya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum sebagian besar keluarga menggunakan 2 keluarga yang menggunakan pola asuh otoriter, dimana gaya pengasuhan ini menggunakan hukuman atau hadiah ketika anak melanggar aturan, dan untuk 1 keluarga yang mengikuti kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa orang tua di desa kertamulya menggunakan pengasuhan yang berbeda. Orangtua menerapkan unsur disiplin, yaitu adanya aturan dalam keluarga, te adanya hukuman, adanya penghargaan, dan konsistensi orang tua. Upaya yang dilakukan oleh orang tua sehingga anak memiliki disiplin diri, yaitu, kehadiran orang tua, pendidikan agama, pengajaran nilai moral, dan melatih tanggung jawab. Kata Kunci: pengasuhan, disiplin anak

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:54
Last Modified: 03 Oct 2018 02:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37223

Actions (login required)

View Item View Item