PERANAN EKSTRAKULIKULER PATROLI KEMANAN SEKOLAH (PKS) DALAM MEMBANGUN KESADRAN TERTIB LALU LINTAS SISWA SMKN 2 BANDUNG (Studi Deskriptif dilaksanakan di SMKN 2 Bandung)

AMESFI, 145010021 (2018) PERANAN EKSTRAKULIKULER PATROLI KEMANAN SEKOLAH (PKS) DALAM MEMBANGUN KESADRAN TERTIB LALU LINTAS SISWA SMKN 2 BANDUNG (Studi Deskriptif dilaksanakan di SMKN 2 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indonesia.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (739kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peranan Ekstrakulikuler Patroli Keamanan Sekolah Dalam Membangun Ketertiban Lalu Lintas Siswa SMKN 2 Bandung (penelitian Kualitatif di SMKN 2 Bandung)” tujuannya dia adakan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan Ekstrakulikuler Patroli Keamanan Sekolah dalam meningkatkan ketertiban lalu lintas siswa SMKN 2 Bandung. Tujuan khusus penelitian ini adalah Untuk mengetahui Program kerja atau kegiatan-kegiatan Ekstrakulikelr Patroli Keamanan Sekolah yang dapat membangun kesadran tertib lalu lintas siswa. Metode yang di gunakan pada penelitian ini ialah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Anggota Ekstrakulikuler Patroli Keamanan Sekolah dan objek penelitian ini adalah Ekstrakulikuler Patroli Keamanan Sekolah. Instrumen yang di gunakan adalah wawancara, angket, dan observasi. Penyebaran angket sebanyak 20 angket. Secara garis besar analisis data meliputi tiga langkah yaitu: (1) persiapan, (2) tabulasi, (3) penerapan data sesuai dengan pemdekatan penelitian. Analisi data dapat melalui tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu: (a) reduksi kata (b) Didplay Data dan (c) penarikan kesimpulan/verifikasi. Dengan hasil penelitian bahwa Peranan Ekstrakulikuler Patroli Keamanan Sekolah Siswa dapat lebih tertib dalam lalu lintas seperti: memaki helm SNI, tidak parkir sembarangan, dan siswa lebih disiplin bukan hanya tentang peraturan lalu lintas tetapi siswa juga lebih disiplin dalam mengikuti peraturan sekolah. Akhirnya penelitian, penelitian menyampaikan kesimpulan bahwa kesadaran peserta didik dalam mengikuti kegiatan Ekrtakulikuler Patroli Keamanan Sekolah cukup beragam, jika di lihat dari kesadaran seluruh siswa dapat dikatakan masih kurang, karena tidak semua siswa mengikuti Ekstrakulikuler yang ada di sekolah. Akan tetapi jika dilihat dari siswa yang menjadi Ekstrakulikuler Patroli Keamanan Sekolah, kesadaran yang dimiliki peserta didik tersebut untuk mengikuti seluruh kegiatan yang sudah di programkan oleh Ektrakulikuler Keamanan Sekolah sangat tinggi, hal ini selaras dengan hasil wawancara, bahwa seluruh anggota Ekstrakulikuler Patroli Keamanan Sekolah memiliki Kesadaran tang tinggi dalam mengikuti setiap kegiatan yang sudah di programkan. Kata kunci : Ekstrakuliker Patroli Keamanan Sekolah, Lalu lintas

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:50
Last Modified: 03 Oct 2018 02:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37221

Actions (login required)

View Item View Item