PERTANGGUNGJAWABAN AGEN PENYALUR TENAGA KERJA ILEGAL TERHADAP KORBAN PERDAGANGAN ORANG BERDASARKAN UNDANG – UNDANG NOMOR 39 TAHUN 2004 TENTANG PENEMPATAN DAN PERLINDUNGAN TENAGA KERJA INDONESIA DI LUAR NEGERI JO. UNDANG – UNDANG NOMOR 21 TAHUN 2007 TENTANG PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG

Wilio Pratama, 141000141 (2018) PERTANGGUNGJAWABAN AGEN PENYALUR TENAGA KERJA ILEGAL TERHADAP KORBAN PERDAGANGAN ORANG BERDASARKAN UNDANG – UNDANG NOMOR 39 TAHUN 2004 TENTANG PENEMPATAN DAN PERLINDUNGAN TENAGA KERJA INDONESIA DI LUAR NEGERI JO. UNDANG – UNDANG NOMOR 21 TAHUN 2007 TENTANG PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Hukum Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (637kB) | Preview

Abstract

Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia atau disebut PJTKI atau sering disebut Agen Penyalur Tenaga Kerja Indonesia, merupakan suatu usaha swasta yang berusaha dibidang penempatan tenaga kerja dan merupakan Mitra Kerja Departemen Tenaga Kerja, yang dalam melaksanakan kegiatannya harus sesuai dengan proses Antar Kerja baik di dalam maupun ke luar negeri. Dalam kegiatan penempatan calon TKI merupakan tanggung jawab penuh PJTKI yang dapat dilihat dari tugas, hak dan kewajiban. PJTKI itu sendiri, tanggung jawab tersebut dimulai dari tahap perekrutan calon TKI atau sebelum dilakukan penempatan, penempatan sampai dengan setelah penempatan. Dalam masa-masa tersebut PJTKI mempunyai kewajiban untuk memberikan pelatihan dan ketrampilan kepada calon TKI, melindungi calon TKI tersebut jika terjadi masalah-masalah serta mengurus segala keperluan berkaitan dengan keberangkatan dan kepulangannya kedaerah asal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Tanggung jawab Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) terhadap Tenaga Kerja Wanita serta Perlindungan dan Penegakkan Hukum yang dilakukan oleh Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) terhadap Tenaga Kerja Wanita. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pada pelaksanaanya tanggung jawab PJTKI dalam penempatan TKI ke luar negeri tidak sesuai dengan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri, karena banyak PJTKI yang melanggar ketentuan pasal 103 huruf c, d, e, f, h dan huruf g, karena pihak PJTKI melakukan perekrutan calon TKI yang tidak sesuai, menempatkan TKI yang tidak lulus uji kompetensi kerja, kesehatan dan psikologi, tidak memberikan program asuransi dan perlakuan tidak wajar selama di tempat penampungan. Kata Kunci: Pertanggungjawaban Pidana, perdagangan manusia, tenaga kerja ilegal.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:35
Last Modified: 03 Oct 2018 02:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37213

Actions (login required)

View Item View Item