PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MENGATASI PENYALAHGUNAAN NARKOBA(DRUGS ABUSE) DI KALANGAN REMAJA (Studi Deskriptif di Desa Haurgelis Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu)

Shahnaz Marsella, 145010020 (2018) PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MENGATASI PENYALAHGUNAAN NARKOBA(DRUGS ABUSE) DI KALANGAN REMAJA (Studi Deskriptif di Desa Haurgelis Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRACT.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II KAJIAN TEORI DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text
14. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai peran Pemerintah Desa dalam mengatasi penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja di Desa Haurgeulis. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran mengenai faktor yang melatarbelakangi remaja terjerumus dalam narkoba, jenis-jenis narkoba yang sering disalahgunakan, hambatan dalam mengatasi permasalahan dan upaya untuk mengurangi penyalahgunaan narkoba pada remaja yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Haurgeulis. Pemerintah desa merupakan lembaga yang berfungsi untuk melayani dan membina masyarakat dalam suatu desa. Pemerintah Desa memegang peran berarti bagi warga desa yaitu untuk selalu tanggap terhadap berbagai perilaku dan tindakan yang terjadi dilingkungan masyarakat binaannya tersebut, terutama terhadap perilaku menyimpang seperti penyalahgunaan narkoba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Dengan hasil penelitian menunjukan bahwa narkoba (narkotika, psikotropika dan bahan-bahan zat adiktif lainnya) dapat membahayakan kehidupan manusia, jika dikonsumsi dengan cara yang tidak tepat, bahkan dapat menyebabkan kematian. Melihat kenyataan saat ini, penyalahgunaan narkoba banyak dilakukan oleh remaja yang secara psikologis masih belum stabil dan memiliki tingkat penasaran yang tinggi sehingga mudah dipengaruhi oleh faktor lingkungan sekitar. Jenis narkoba yang sering disalahgunakan remaja adalah berupa pil dextro, pil tramadol, dan obat batuk komix. Dalam mengatasi penyalahgunaan narkoba pada remaja, Pemerintah Desa menemui hambatan yaitu dengan rendahnya keikutsertaan remaja terhadap program atau upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Desa. Program tersebut yaitu FIKR (Forum Informasi dan Komunikasi Remaja) Pringayu. Kata kunci : Pemerintah Desa, penyalahgunaan narkoba, remaja

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:20
Last Modified: 03 Oct 2018 02:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37205

Actions (login required)

View Item View Item