REVI AGUSTA, 145050026 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN HABITS OF MIND SISWA SMK MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI MODEL ALBERTA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (464kB) | Preview |
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (910kB) |
||
Text
Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) | Preview |
Abstract
Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini diantaranya adalah kemampuan koneksi matematis dan habits of mind siswa masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Inkuiri Model Alberta lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model Problem Based Learning; 2) Untuk mengetahui Habits Of Mind siswa yang memperoleh pembelajaran Inkuiri Model Alberta lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Problem Based Learning; 3) Mengetahui efektivitas pembelajaran Inkuiri Model Alberta untuk kemampuan koneksi matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain pretes dan postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Nasional Bandung tahun 2018-2019. Adapun sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI Akomodasi Perkantoran sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI Multimedia sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan koneksi matematis dan angket habits of mind. Analisis data menggunakan uji parametrik pada data pretes-postes melalui bantuan software SPSS 20.0 for windows dan rumus cohen’s d untuk melihat efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Inkuiri Model Alberta lebih tinggi daripada yang memperoleh model Problem Based Learning; 2) Habits Of Mind siswa yang memperoleh pembelajaran Inkuiri Model Alberta lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Problem Based Learning; 3) Efektivitas pembelajaran Inkuiri Model Alberta untuk kemampuan koneksi matematis memiliki efektivitas yang berkategori besar. Dengan demikian pembelajaran Inkuiri Model Alberta dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Pembelajaran Inkuiri Model Alberta, Kemampuan Koneksi Matematis, Habits Of Mind.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 02:12 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 02:12 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37201 |
Actions (login required)
View Item |