PENGARUH KOMPONEN LABA PERMANEN, LABA TRANSITORI, DAN LABA AGREGAT TERHADAP EARNINGS RESPONSE COEFFICIENT (ERC) (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor Konstruksi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016)

Anggie Maulinda Taufik, 144020098 and Pembimbing I, Dr. Atang Hermawan., SE., MSIE., AK and Pembimbing 2, Budi Septiawan., SE., M.AK., MBA (2018) PENGARUH KOMPONEN LABA PERMANEN, LABA TRANSITORI, DAN LABA AGREGAT TERHADAP EARNINGS RESPONSE COEFFICIENT (ERC) (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor Konstruksi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi FIX.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK FIX 1.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA fix.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan fix.pdf

Download (749kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Laporan laba rugi merupakan salah satu informasi yang sangat penting bagi investor, karena berisi informasi tentang hasil operasi atau kinerja perusahaan selama periode tertentu. Informasi yang disajikan dalam laporan laba rugi harus memiliki nilai. Informasi laba dikatakan bernilai jika publikasi atas informasi tersebut menyebabkan bergeraknya reaksi pasar berupa transaksi pembelian dan penjualan saham yang akan berdampak pada besarnya return saham. Selama ini penelitian mengenai reaksi pasar/ Earnings Response Coefficient (ERC) hanya terfokus pada laba bersih saja. Padahal didalam laporan laba rugi itu sendiri terdapat komponen lain yang relevan dalam pengambilan keputusan investasi seperti komponen laba permanen, laba transitori, dan laba agregat yang akan mempengaruhi besarnya Earnings Response Coefficient (ERC) suatu perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur besarnya reaksi pasar terhadap kandungan informasi laba dan rugi. Besarnya reaksi dapat dilihat dari jumlah Earnings Response Coefficient (ERC) yang dimiliki oleh komponen laba. Penelitian ini dilakukan dengan menguji pengaruh komponen laba permanen, laba transitori, dan laba agregat terhadap Earnings Response Coefficient (ERC). Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling untuk pengambilan sampel. Berdasarkan kriteria purposive sampling, data diperoleh sebesar 13 perusahaan sub sektor konstruksi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tiga tahun periode pengamatan. Kemudan, sebanyak 7 perusahaan dikeluarkan dari sampel karena termasuk outlier. Jadi, sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 6 perusahaan sub sektor konstruksi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan uji hipotesis menggunakan uji t, uji f, korelasi parsial, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa variabel laba permanen dan laba agregat memiliki pengaruh signifikan terhadap Earnings Response Coefficient (ERC), sedangkan variabel laba transitori tidak memiliki pengaruh yang siginifikan terhadap Earnings Response Coefficient (ERC). Kata kunci : Laba permanen, laba transitori, laba agregat dan Earnings Response Coefficient (ERC)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2014
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:08
Last Modified: 03 Oct 2018 02:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37195

Actions (login required)

View Item View Item