SRI ANDINI, 145020060 (2018) PENGARUH PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU TERHADAP PEMAHAMAN MATERI SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRACT.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB III.pdf Download (250kB) | Preview |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
||
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11kB) | Preview |
Abstract
Judul penelitian ini adalah Pengaruh Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru terhadap pemahaman materi manajemen di SMA PGRI 1 Bandung (studi kasus siswa kelas X IPS tahun ajaran 2017/2018). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru ekonomi di SMA PGRI 1 Bandung. (2) mengetahui pemahaman materi manajemen siswa di SMA PGRI 1 Bandung. (3) mengetahui berapa besar pengaruh Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru terhadap pemahaman materi manajemen siswa di SMA PGRI 1 Bandung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei dan teknik pengumpulan data berupa angket, serta teknik pengolahan data yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, analisis regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi. Hipotesis penelitian berbunyi “Terdapat pengaruh Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru (X) terhadap pemahaman materi manajemen siswa kelas X di SMA PGRI 1 Bandung (Y)”. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh cukup kuat antara variabel X dan variabel Y yaitu sebesar 0,448 atau 44,8%. Untuk mengetahui hubungan fungsional antara variabel X dan variabel Y maka digunakan analisis regresi linier sederhana dengan hasil perhitungan sebagai berikut: Y = 2,797 + 0,877X artinya bahwa setiap Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru bertambah 2,797 maka pemahaman materi siswa meningkat sebesar 0,877. Sebagian lainnya ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti sebesar 55,2%. Kesimpulan hipotesis penelitian adalah dapat diterima, artinya terdapat pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada guru untuk meningkatkan Pedagogical Content Knowledge (PCK) dalam kegiatan pembelajaran terutama mata pelajaran ekonomi agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Kepada peneliti lain dibidang pendidikan agar dapat melakukan penelitian serupa pada mata pelajaran lainnya, dan kepada pihak sekolah hendaknya mengadakan pelatihan-pelatihan tentang Pedagogical Content Knowledge (PCK) agar dapat meningkatkan pemahaman Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru. Kata Kunci : Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru, Pemahaman Materi Siwa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 01:54 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 01:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37190 |
Actions (login required)
View Item |