MISYKATUL ANWAR, 145020076 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER_DALAM_2018_10_01_18_05_27_379.PDF Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.PDF Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.PDF Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_I.PDF Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_II.PDF Download (502kB) | Preview |
|
|
Text
BAB_III.PDF Download (660kB) | Preview |
|
Text
BAB_IV.PDF Restricted to Repository staff only Download (564kB) |
||
Text
BAB_V.PDF Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
Text
Daftar_Pustaka.PDF Download (88kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Pokok Bahasan Menerapkan Surat Menyurat Kelas X PN Semester Genap di SMK ICB Wisata Bandung). Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah pembelajaran administrasi umum dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT melalui pendekatan kontekstual materi menerapkan surat menyurat pada kelas X SMK ICB Wisata Bandung yang dikembangkan efektif, (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran administrasi umum dengan model kooperatif tipe NHT melalui pendekatan kontekstual terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMK ICB Wisata Bandung tahun ajaran 2017-2018. Adapun sample penelitiannya adalah sebanyak dua kelas yaitu siswa kelas X PNA dan X PN-B SMK ICB Wisata Bandung dipilih secara acak dari populasi yang ada. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa test pilihan ganda. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t melalui IBM SPSS Statistics 22 yaitu dengan menggunakan Independent Sample t-Tes. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh pada tes akhir (post test) nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,009. Oleh karena nilai signifikannya < 0,05, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT melalui pendekatan kontekstual pada mata pelajaran administrasi umum pokok bahasan menerapkan surat menyurat. Sedangkan pada N-gain diperoleh hasil nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,004. Oleh karena nilai signifikannya juga < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT melalui pendekatan kontekstual lebih baik di banding siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran administrasi umum pokok bahasan menerapkan surat menyurat. Sebagai akhir penelitian, penulis menyarankan kepada guru agar dapat mengakomodasi potensi kemampuan pemahaman siswa. Memilih model pembelajaran yang tepat agar dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Melalui Pendekatan Kontekstual, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 01:48 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 01:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37184 |
Actions (login required)
View Item |