PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING

ELSA MEISELLA, 145050054 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRACT.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (1-10).pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (11-27).pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III (28-53).pdf

Download (606kB) | Preview
[img] Text
BAB IV (54-78).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V (79-80).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan penalaran matematis diperlukan siswa dalam memahami matematika. Namun kemampuan penalaran matematis siswa ternyata masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah keyakinan diri siswa masih rendah pula, untuk itu dibutuhkan Self Efficacy. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan Self Efficacy adalah model pembelajaran Probing Prompting. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Probing Prompting lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, mengetahui Self Efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Probing Prompting lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, dan mengetahui terdapat korelasi positif antara kemampuan penalaran matematis dan Self Efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Probing Prompting. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Desain penelitiannya adalah Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Parongpong. Adapun sampel penelitiannya adalah siswa kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian soal-soal kemampuan penalaran matematis dan angket skala sikap brisikan pernyataan-pernyataan mengenai Self Efficacy. Tes diujicobakan terlebih dahulu di kelas XI MIA 2. Berdasarkan analisis hasil uji coba, semua soal tes layak untuk dipakai penelitian, namun pada angket ada perubahan pernyataan yang tidak valid. Pengolahan dan analisis data menggunakan uji statistik deskriptif, Shapiro Wilk, Levene’s test for equality variances, Independent Sample t-Test, Pearson Product Moment dengan bantuan Software Microsoft Excel dan Software SPSS 20.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Probing Prompting lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, Self Efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Probing Prompting lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, dan terdapat korelasi positif antara kemampuan penalaran matematis dan Self Efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Probing Prompting. Kata Kunci: Probing Prompting, Konvensional, Kemampuan Penalaran Matematis, Self Efficacy.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2018 01:42
Last Modified: 03 Oct 2018 01:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37182

Actions (login required)

View Item View Item