PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN RENCANA BISNIS DARING DAN PEMASARAN KELAS X SMKN 3 BANDUNG TAHUN AJARAN 2017-2018 (Studi Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas X Jurusan Pemasaran (PM) SMK Negeri 3 Bandung)

Mochamad Reza Ramadhan, 145020100 (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN RENCANA BISNIS DARING DAN PEMASARAN KELAS X SMKN 3 BANDUNG TAHUN AJARAN 2017-2018 (Studi Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas X Jurusan Pemasaran (PM) SMK Negeri 3 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran rencana bisnis daring dan pemasaran Kelas X SMKN 3 Bandung Tahun Ajaran 2017-2018. Permasalahan dalam penelitian ini metode pembelajaran, bahan ajar, maupun strategi pembelajaran yang digunakan masih terhitung konvensional, hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran perencanaan bisnis belum mencapai hasil yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran mind mapping dengan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan bentuk Nonequivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X PM 1 sebagai kelas eksperimen dan X PM 2 sebagai kelas kontrol. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t melalui program SPSS 24.0 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample t-Tes. Analisis data untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan SPSS versi 24.0 for windows dengan statistik parametrik, uji beda rata-rata (paired samples t-test dan Independent samples t-test), gain score dan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan metode pembelajaran mind mapping dan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan metode pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan nilai pada kelas eksperimen sebesar 12,10 > 7,06 untuk kelas kontrol, dengan indeks N-Gain 0,371 untuk kelas eksperimen dan 0,188 untuk kelas kontrol. Penggunaan metode pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Variabilitas peningkatan hasil belajar peserta didik pada kompetensi dasar membuat proposal usaha yang diperoleh oleh peserta didik selama proses pembelajaran sebesar 15,90% yang disebebkan oleh adanya perlakuan dari metode pembelajaran mind mapping. Sebagai akhir penelitian, penulis menyarankan kepada guru dalam pelaksanaannya, harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya materi harus disampaikan dan dijelaskan sedetail mungkin termasuk juga mengenai langkah-langkah metode dalam pembelajaran mind mapping, usahakan memberikan bimbingan bimbingan terhadap peserta didik saat berdiskusi, serta perlu adanya variasi agar peserta didik tidak jenuh dan bisa meningkatkan minat belajar sehingga prestasi belajar meningkat. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Mind Mapping, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2018 09:32
Last Modified: 02 Oct 2018 09:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37144

Actions (login required)

View Item View Item