PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACYSISWA SMP

UPI LIDINILLAH, 145050028 (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACYSISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
0. cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK indo.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT INGGRIS.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-converted.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II-converted.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III-converted.pdf

Download (391kB) | Preview
[img] Text
BAB IV-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)
[img] Text
BAB V-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis sangat diperlukan siswa dalam memahami matematika. Namun kemampuan komunikasi matematis siswa ternyata masih rendah. Penyebabnya adalah tidak mampu menyajikan permasalahan kedalam model matematika dengan tepat dan keyakinan diri siswa yang masih rendah. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacyadalah model Problem Based Learning (PBL). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model PBL lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model ekspositori, mengetahui self-efficacy siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model PBL lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model ekspositori dan mengetahui terdapat korelasi antara Self-efficacy siswa dan kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Cikampek. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-10 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-11 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes tipe uraian soal-soal kemampuan komunikasi matematis dan skala sikap yang menggunakan model Skala Likert. Skala sikap berisikan pernyataan-pernyataan mengenai self-efficacy. Tes diuji cobakan dikelas IX-9. Berdasarkan analisis hasil uji coba, semua soal tes layak untuk dipakai penelitian, namun ada beberapa pernyataan yang diubah agar pernyataan menjadi valid. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t melalui program SPSS23.0 for Wimdowsyaitu dengan menggunakan Independent Sample T-Tes. Berdasarkan analisis data hasil penelitian diperoleh kesimpulan: peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas PBLlebih baik secara signifikan daripada kelas ekspositori, peningkatan self-efficacysiswa kelas PBL dan kelas ekspositoritidak berbeda atau sama secara signifikandan tidak terdapat korelasi antara self-efficacydengan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen. Kata kunci: Komunikasi Matematis, Self-Efficacy, Problem Based Learning (PBL)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2018 09:12
Last Modified: 02 Oct 2018 09:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37139

Actions (login required)

View Item View Item