PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Pada Siswa Kelas IV SDN Linggar 01 Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2018/2019)

IRMA RISMAYANTY, 145060224 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Pada Siswa Kelas IV SDN Linggar 01 Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak..pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (548kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan sikap peduli dan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning pada tema 1 indahnya kebersamaan subtema 1 keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SD Negeri Linggar 01 Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keaadaan siswa di kelas IV SDN Linggar 01 hasil belajarnya belum tercapai dikarenakan cara mengajar guru belum menggunakan model pembelajaran lain yang dapat menumbuhkan motivasi siswa dalam pembelajaran . Pelaksanaan Tindakan Kelas (PTK) dilakukan sebanyak 3 siklus dan masing-masing siklus dilakukan dengan 2 kali pertemuan dan pada setiap akhir siklus dilakukan observasi untuk mengetahui hasil peningkatan sikap peduli dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa kategori presentase sikap peduli siswa hasil observasi siklus I pada pembelajaran 1 memperoleh nilai sebesar 26% dan pembelajaran 2 sebesar 40%, pada siklus II pembelajaran 3 memperoleh nilai sebesar 48% dan pembelajaran 4 sebesar 60%, sedangkan pada siklus III terjadi peningkatan yaitu pada pembelajaran 5 memperoleh nilai sebesar 78% dan pembelajaran 6 sebesar 90%. Selain itu peningkatan terjadi pada hasil belajar siswa. Pada siklus I hasil belajar siswa yang tuntas jika di presentase kan sekitar 40%, di siklus II mengalami peningkatan yaitu 70%, dan pada siklus III mengalami peningkatan sebanyak 88% yang telah mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 70. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan sikap peduli dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 1 indahnya kebersamaan subtema 1 keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SD Negeri Linggar 01 Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Sikap Peduli.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2018 08:40
Last Modified: 02 Oct 2018 08:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37135

Actions (login required)

View Item View Item