HAFIZA RIVIANI, 145050092 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER WARNA fix.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRACT.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I pendahuluan.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II kajian teoritis.pdf Download (526kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III metode penelitian (pencapaian dan peningkatan).pdf Download (515kB) | Preview |
|
Text
BAB IV tabel berwarna.pdf Restricted to Repository staff only Download (874kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (105kB) | Preview |
Abstract
Rendahnya kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa merupakan alasan untuk melakukan penelitian ini. Hal tersebut boleh jadi ada kaitannya dengan model pembelajaran yang digunakan dalam proes pembelajaran. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa adalah model pembelajaran Treffinger. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran Treffinger terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis dan pencapaian kemandirian belajar siswa serta mengetahui korelasi antara kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuasi ekperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Al-Falah Dago Bandung. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII -D sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII-E sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak.. Analisis data kemampuan penalaran matematis menggunakan Independent Sample t-Test dan uji lanjutan yaitu dengan uji Scheffe begitu pula analisis data kemandirian belajar dimana data diubah menjadi data kuantitatif, tapi karena data masih bersifat ordinal maka dengan metode MSI (Methods of Successive Interval) data kemandirian belajar diubah menjadi interval lalu dianalisis menggunakan Independent Sample t-Test dan uji lanjutan yaitu dengan uji Scheffe. Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Treffinger lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan pembelajaran saintifik, 2) kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran Treffinger lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan pembelajaran saintifik, 3) Adanya korelasi antara kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran Treffinger. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Model Pembelajaran Treffinger, Kemandirian Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 02 Oct 2018 07:27 |
Last Modified: | 02 Oct 2018 07:27 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37121 |
Actions (login required)
View Item |