PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI CERITA HIKAYAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE RECIPROCAL LEARNING PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 BANDUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

REZA OCTAVIA PUTRI, 145030057 (2018) PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI CERITA HIKAYAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE RECIPROCAL LEARNING PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 BANDUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (720kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran berbicara merupakan pembelajaran yang ada pada pembelajaran Bahasa Indonesia, salah satunya adalah pembelajaran menceritakan kembali cerita hikayat dengan menggunakan metode reciprocal learning. Berkaitan dengan hal itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pebelajaran Menceritakan Kembali Cerita Hikayat dengan Menggunkan Metode Reciprocal Learning pada Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Bandung Tahun Ajaran 2018/2019”. Rumusan masalah yang penulis ajukan ada empat yaitu, pertama mampukah penulis melaksanakan kegiatan pembelajaran menceritakan kembali isi cerita hikayat dengan menggunakan metode reciprocal learning?. Kedua, mampukah peserta didik dalam menceritakan kembali isi cerita hikayat dengan pemilihan diksi dan secara kronologis yang runtur dalam menceritakan kembali?. Ketiga, mampukah peserta didik mengembangkan daya pikir atau imajinasi, kemam-puan membaca, berpikir kritis, dan berbicara?. Keempat, efektifkah metode reciprocal learning dalam pembelajaran menceritakan kembali isi cerita hikayat?. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu metode eksperimen semu, jenisnya nonequivalent control group design. Teknik yang digunakan oleh peneliti yaitu telaah studi pustaka, uji coba dan tes. Nilai hasil perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran membuktikan bahwa peneliti mampu dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menceritakan kembali cerita hikayat dengan menggunakan metode reciprocal learning. Nilai rata-rata yang telah diperoleh peneliti adalah 3,74 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Siswa SMK Negeri 3 Bandung mampu menceritakan kembali cerita hikayat dengan tepat. Hal ini dibuktikan dari hasil perolehan nilai pretes dan postes Nilai rata-rata pretes pada kelas ekperimen adalah 12,32 sedangkan nilai rata-rata postes 80,27. Sehingga selisih antara pretes dan postes adalah 67,95 artinya siswa kelas X SMK Negeri 3 Bandung mampu menceritakan kembali cerita hikayat dengan menggunakan metode reciprocal learning dengan tepat. Kata kunci: Pembelajaran Menceritakan, Cerita Hikayat, Reciprocal Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2018 06:18
Last Modified: 02 Oct 2018 06:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37106

Actions (login required)

View Item View Item