PEMBELAJARAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI YANG DIBACA MENGGUNAKAN METODE THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

KAMALA MUSTIKA DEWI, 145030052 (2018) PEMBELAJARAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI YANG DIBACA MENGGUNAKAN METODE THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (692kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran menelaah teks laporan hasil observasi menggunakan ke-terampilan membaca. Laporan hasil observasi merupakan teks yang menyajikan fakta-fakta tentang keadaan peristiwa, tempat, benda atau orang. Metode Think Talk Write merupakan metode pembelajaran berkelompok dengan tujuan untuk mengaktifkan peserta didik khususnya dalam proses pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks laporan hasil observasi yang dibaca. Dengan demikian, penulis merasa tertantang dan tertarik untuk melakukan penelitian melakukan penelitian mengenai pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks laporan hasil observasi yang dibaca menggunakan metode Think Talk Write pada siswa kelas VII SMP Pasundan 1 Bandung tahun pelajaran 2018/2019. Penulis mengajukan permasalahan sebagai berikut; efektifkah metode think talk write diterapkan dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan yang dibaca?; Adakah perbedaan hasil belajar peserta didik yang meggunakan metode think talk write dan think pair share? Adapun hasil penelitian pada kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih unggul dari kelas kontrol. Metode yang digunakan pada kelas eksperimen lebih efektif daripada metode yang digunakan pada kelas kontrol dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks laporan hasil observasi yang dibaca pada siswa kelas VII SMP Pasundan 1 Bandung. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata postes peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 74,68 dengan hasil uji statistik sebesar thitung > ttabel, yaitu 22,14 > 19,248 dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks laporan hasil observasi yang dibaca menggunakan metode Think Talk Write pada siswa kelas VII SMP Pasundan 1 Bandung. Berbeda halnya dengan kelas kontrol yang diberikan metode Think Pair Share mendapatkan nilai rata-rata postes 70,56 dengan hasil uji statistik sebesar thitung > ttabel, yaitu 5,943> 19,248. Kata kunci: Pembelajaran, menelaah, struktur, kebahasaan, teks laporan hasil observasi, metode Think Talk Write.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2018 03:51
Last Modified: 02 Oct 2018 03:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37085

Actions (login required)

View Item View Item