“PEMAHAMAN KOMPETENSI SOSIAL DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN DI MICROTEACHING TERHADAP KESIAPAN PRAKTIK MENGAJAR MAHASISWA FKIP UNPAS ANGKATAN 2014 ”

HANNISA SITI ROHMAH, 145020067 (2018) “PEMAHAMAN KOMPETENSI SOSIAL DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN DI MICROTEACHING TERHADAP KESIAPAN PRAKTIK MENGAJAR MAHASISWA FKIP UNPAS ANGKATAN 2014 ”. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK IND.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT ENG.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (121kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pemahaman Kompetensi Sosial Dan Kompetensi Kepribadian Di Microteaching Terhadap Kesiapan Praktik Mengajar Mahasiswa Fkip Unpas Angkatan 2014”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa mengenai pemahaman kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian di micro teaching dan kesiapan mengajar mahasiswa serta untuk mengetahui pemahaman kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian di micro teaching terhadap kesiapan praktik mengajar mahasiswa FKIP Unpas angkatan 2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Subjek dalam penelitian ini menggunakan sampel yang berjumlah 247 mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif data melalui perhitungan rata-rata (mean) skor, regresi linier berganda dan koefisien determinasi dengan bantuan SPSS 24.0 for Windows.Hasil penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif diperoleh rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai pemahaman kompetensi sosial sebesar 3,421 (68,41%)berada pada kategori “paham”, mengenai pemahaman kompetensi kepribadian sebesar 3,086 (49,64%) berada pada kategori “paham” sedangkan mengenai kesiapan mengajar mahasiswa sebesar 3,64 (72,79%) berada pada kategori “baik”. Berdasarkan analisis verifikatif data yang telah dilakukan diperoleh Coefficients regresi linier berganda (Y = 18,732 + 0,535 X_1 + 0,418 X_2) dapat dijelaskan jika terjadi peningkatan sebesar 1 pada variabel pemahaman Kompetensi Sosial dan Kompetensi Kepribadian maka akan meningkatkan kesiapan mengajar sebesar 0,495. Sedangkan sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel pemahaman Kompetensi Sosial dan Kompetensi Kepribadian terhadap variabel kesiapan mengajar mahasiswa berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi adalah sebesar 21,00%, sedangkan sisanya sebesar 79,00% dipengaruhi oleh faktor di luar variabel pemahaman tentang Kompetensi Sosial dan Kompetensi Kepribadian. Kesimpulan hipotesis dapat diterima, sebagaimana angka – angka tersebut diatas, penulis menyampaikan saran bagi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran micro teaching diharapkan mampu mengembangkan teknik mengajar pada saat terjun ke sekolah-sekolah dan mampu membuat pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif dan menyenangkan sehingga dapat membuat peserta didik untuk dapat berpartisipatif dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran dan bagi LPTK diharapkan dapat mengadakan kegiatan-kegiatan atau program-program yang sifatnya dapat mengembangkan pemahaman dan kompetensi yang harus dimiliki oleh mahasiswa calon guru agar sukses dalam praktik menagajar di sekolah sebenarnya. Kata Kunci: Pemahaman Kompetensi Sosial, Kompetensi Kepribadian Kesiapan Mengajar Mahasiswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2018 03:14
Last Modified: 02 Oct 2018 03:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37065

Actions (login required)

View Item View Item