PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri 117 Batununggal Kota Bandung Pada Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Di Indonesia)

Ridwan Kamil, 145060043 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri 117 Batununggal Kota Bandung Pada Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Di Indonesia). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
01 COVER SKRIPSI RIDWAN KAMIL.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 ABSTRAK BAHASA INDONESIA RIDWAN KAMIL.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 ABSTRA BAHASA INGGRIS RIDWAN KAMIL.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 ABSTRAK BAHASA SUNDA RIDWAN KAMIL.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 BAB 1 RIDWAN KAMIL.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 BAB II RIDWAN KAMIL.pdf

Download (841kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 BAB III RIDWAN KAMIL.pdf

Download (654kB) | Preview
[img] Text
08 BAB IV RIDWAN KAMIL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
09 BAB V RIDWAN KAMIL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
10 DAFAR PUSTAKA RIDWAN KAMIL.pdf

Download (205kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian tindakan ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 117 Batununggal Kota Bandung. Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 117 Batununggal Kota Bandung yang disebabkan dalam kesehariannya siswa hanya mendengarkan ketika guru menjelaskan materi, dan pembelajaran berpusat pada guru serta cara mengajar guru masih konvensional. Sehingga perlu dilakukan pembelajaran dengan pendekatan yang dapat memberikan peningkatan hasil belajar siswa, salah satunya dengan model Problem Based Learning Learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Problem Based Learning pada subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tiga siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning yang terdiri dari 5 fase yaitu 1. Melakukan orientasi masalah pada siswa, 2. Mengorganisasikan siswa untuk belajar, 3. Mendukung kelompok investigasi, 4. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, 5. Menganalisis dan mengevaluasi proses penyelesaian masalah. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan subjek siswa kelas IV dengan menggunakan model Problem Based Learning menghasilkan peningkatan hasil belajar siswa dari setiap siklusnya. Pada siklus I sebesar 27,03%, siklus II sebesar 29,73%, dan siklus III sebesar 81,08%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan setiap siklusnya, dari siklus I sebesar 51,84, siklus II sebesar 66,28, dan siklus III sebesar 81,51. Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di indonesia. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2018 03:01
Last Modified: 02 Oct 2018 03:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37061

Actions (login required)

View Item View Item