PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI BERDASARKAN STRUKTUR DAN KEBAHASAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNINGPADA SISWA KELAS XI SMAN 9 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

RAVITA PURNAMASARI, 145030014 (2018) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI BERDASARKAN STRUKTUR DAN KEBAHASAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNINGPADA SISWA KELAS XI SMAN 9 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi Jadi!.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indo.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I acc.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II acc.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III FIX.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)
[img] Text
BAB V ku.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (82kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pengajaran menulis merupakan dasar untuk keterampilan menulis, semakin banyak membaca, cenderung semakin lancar dia menulis. Penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai “Pembelajaran Memproduksi Teks Eksplanasi Berdasarkan Struktur dan Kebahasaan dengan Menggunakan Model Discovery Learning pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018”. Penulis merumuskan masalah mengenai penelitian yang diajukan, yaitu: 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran memproduksi teks eksplanasi berdasarkan struktur dan kebahasaan dengan menggunakan model Discovery Learningpada siswa kelas XI SMAN 9 Bandung? 2) Mampukah siswa kelas XI SMA memproduksiteks eksplanasi berdasarkan struktur dan kebahasaan dengan tepat? 3) Efektifkah metode Discovery Learningdigunakan dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi berdasarkan struktur dan kebahasaan pada siswa kelas XI SMAN 9 Bandung? 4) Adakah perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model Discovery Learningdibandingkan dengan kelas yang menggunakan metode diskusi? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuanpenulis, kemampuan siswa, dan ketepatan model Discovery learningdalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi berdasarkan struktur dan kebahasaan padasiswa kelas XI SMAN 9 Bandung dengan tepat. Metode yang digunakan oleh penulis yaitu metode eksperimen semu dengan teknik penelitian studi pustaka, observasi, uji coba, tes, dan teknik analisis. Adapun hasil penelitiannya adalah 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran memproduksi teks eksplanasi berdasarkan struktur dan kebahasaan padasiswa kelas XI SMAN 9 Bandung. Hal ini dibuktikan dari rata-rata nilai sebesar 3.72. 2) Siswa Kelas XI SMAN 9 Bandung mampu memproduksi teks eksplanasi berdasarkan struktur dan kebahasaan dengan tepat. 3) Model Discovery Learningefektif digunakan pembelajaran memproduksi teks eksplanasi berdasarkan struktur dan kebahasaan. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil fhitung>ftabel yakni 11,059>2,064 yaitu pada tingkat kepercayaan 95%, dan d.b sebesar 24. Berdasarkan data yang dihasilkan dari penelitian tersebut, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran memproduksi teks eksplanasi berdasarkan struktur dan kebahasaan dengan menggunakan model Discovery Learningpada siswa kelas XI SMAN 9 Bandung berhasil dengan baik. Kata Kunci: Pembelajaran, memproduksi, teks eksplanasi, struktur dan kebahasaan, model Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2018 02:43
Last Modified: 02 Oct 2018 02:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37056

Actions (login required)

View Item View Item