PEMBELAJARAN MENYAJIKAN TEKS PERSUASI BERFOKUS PADA SARAN DAN AJAKAN DENGAN MEMPERHATIKAN STRUKTUR KEBAHASAAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ALLYA EKA DAMAYANTI, 145030096 (2018) PEMBELAJARAN MENYAJIKAN TEKS PERSUASI BERFOKUS PADA SARAN DAN AJAKAN DENGAN MEMPERHATIKAN STRUKTUR KEBAHASAAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SAJA.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA 1.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3 (Autosaved).pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf

Download (18kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran menyajikan teks persuasi merupakan salah satu keterampilan berbahasa yaitu menulis. Menulis teks persuasi adalah salah satu kompetensi menulis yang bertujuan meyakinkan seseorang untuk melakukan sesuatu yang bersifat baik. Pada pembelajaran menyajikan teks persuasi ini penulis memfokuskan pada pernyataan berupa saran dan ajakan. Metode pembelajaran yang digunakan yakni metode Picture and Picture. Metode Picture and Picture merupakan metode pembelajaran yang kooperatif yang bertujuan agar peserta didik berperan aktif dalam pembelajaran. Permasalahan yang penulis rumuskan dapat di rinci ke dalam pertanyaan sebagai berikut: 1) Bagaimanakah perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menyajikan teks persuasi berfokus pada saran dan ajakan dengan memperhatikan struktur kebahasaan pada kelas eksperimen menggunakan metode Picture and Picturedibandingkan dengan kelas kontrol menggunakan metode Mind Mappingpada peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Bandung?; 2) Efektifkah metode Picture and Picture digunakan dalam melaksanakan pembelajaran menyajikan teks persuasi berfokus pada saran dan ajakan dengan memperhatikan struktur kebahasaan pada peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Bandung?. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode true eksperimen. Adapun hasil penelitian tersebut sebagai berikut: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menyajikan teks persuasi berfokus pada saran dan ajakan dengan memperhatikan struktur kebahasaan antara kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal tersebut terbukti dari nilai rata-rata kelas eksperimen lebih unggul yaitu rata-rata postes 81,8 dan prets 53,2 dengan selisih rata-rata 28,6, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata postes 65,4 dan pretes 41,5 dengan selisih rata-rata 23,9; 2) Metode Picture and Pictureefektif digunakan dalam pembelajaran menyajikan teks persuasi berfokus pada saran dan ajakan dengan memperhatikan struktur kebahasaan dengan pembuktian hasil perhitungan uji statistik sebesar thitung>ttabelyakni 16,44 > 14,78, dibandingkan metode Mind Mappingpada kelas kontrol dengan pembuktian hasil uji statistik sebesar thitung<ttabel yakni 9,96<14,78. Kata kunci: Pembelajaran, menyajikan,pesuasi, metodepicture and picture

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2018 02:16
Last Modified: 02 Oct 2018 02:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37051

Actions (login required)

View Item View Item