Sulistiani Suhaila, 145060107 (2018) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA HIDUP RUKUN DI RUMAH (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri I Wangunsari Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (471kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB III.pdf Download (396kB) | Preview |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran discovery learning pada subtema hidup rukun di rumah. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas II SDN 1 Wangunsari kabupaten Bandung Barat dengan jumlah 30 siswa yang dilatar belakangi oleh kurangnya aktivitas dan hasil belajar pesera didik kelas II SDN 1 Wangunsari. Kurangnya motivasi siswa dalam proses pembelajaran yang hanya menggunakan metode ceramah dan pada dasarnya guru hanya sekedar memberikan penjelasan dan perintah kepada siswa untuk mengerjakan tugas-tugas dalam bahan ajar yang dipelajari dalam pembelajaran tersebut, hal ini menyebabkan siswa pasif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melakukan 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik evaluasi yang digunakan yaitu teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan teknik non tes untuk mengetahui aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menujukkan pada siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM 12 dengan persentase 40% dan yang belum mencapai KKM 18 dengan persentase 60%. Pada siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM 24 dengan persentase 80% dan yang belum mencapai KKM 6 dengan persentase 20%. Sedangkan penilaian sikap pada siklus I dengan rata-rata 67,22 dengan kategori sedang. Pada siklus II dengan rata-rata 81,11 dengan kategori tinggi. Kesimpulan dalam penelitian ini, bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar pada subtema hidup rukun di rumah di kelas II Sekolah Dasar. Demikian model discovery learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk digunakan pada pembelajaran tematik. Kata kunci: discovery learning, aktivitas, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 02 Oct 2018 01:47 |
Last Modified: | 02 Oct 2018 01:47 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37047 |
Actions (login required)
View Item |