DIKA MEILLISA SEKARWANGI, 145040117 (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PRAKTIKUM PROTOZOA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.INDONESIA.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.INGGRIS.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (609kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (426kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya penguasaan konsep siswa terhadap pelajaran biologi dan rendahnya keterampilan proses sains di SMA Pasundan 1 Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa SMA kelas X dengan menggunakan model pembelajaran praktikum protozoa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 SMA Pasundan 1 Bandung semester ganjil tahun ajaran 2018-2019. Adapun teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes dan non tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t melalui program SPSS 21 for Windows yaitu diketahui nilai rata-rata pretest sebesar 39,62 dan nilai rata-rata posttest sebesar 78,50. Nilai rata-rata post-test tampak lebih tinggi dibanding nilai rata-rata pre-test yang artinya terjadi peningkatan setelah perlakuan menggunakan model pembelajaran praktikum. diketahui nilai signifikansi uji Paired Samples T-Test yang diperoleh adalah sebesar 0,000. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 (p-value < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaaan yang signifikan penguasaan konsep peserta didik pada mata pelajaran biologi dengan sub konsep protozoa antara sebelum (pretest) dengan sesudah (posttest) menggunakan model pembelajaran praktikum. Kemudian perkembangan penguasaan konsep tersebut diperkuat dengan hasil perhitungan rata-rata N-gain pada penelitian ini diperoleh nilai rata-rata N-Gain antara data pre-test dengan data post-test sebesar 0,64. Nilai tersebut terletak di antara 0,61 – 0,80 dengan kriteria tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peningkatan penguasaan konsep peserta didik pada mata pelajaran biologi dengan sub konsep protozoa sesudah menggunakan model pembelajaran praktikum termasuk kategori tinggi. Hasil penelitian pada lembar observasi keterampilan proses sains menunjukan nilai rata-rata presentase 84% dengan kriteria sangat baik. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran praktikum dapat meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains. Kata Kunci: Praktikum, Penguasaan Konsep, Keterampilan Proses Sains
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 02 Oct 2018 01:32 |
Last Modified: | 02 Oct 2018 01:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37043 |
Actions (login required)
View Item |