ARYANI SRI HANDAYANI, 145050008 (2018) PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF-AWARENESS SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (710kB) | Preview |
|
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (858kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (452kB) | Preview |
Abstract
Matematika perlu diberikan kepada siswa untuk membekali mereka dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif serta kemampuan bekerjasama. Tidak hanya itu konsep kecakapan mengenal diri sendiri atau kesadaran diri (Self-Awareness) merupakan hal penting yang digagas dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. Masalah pokok yang perlu dicermati dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif matematis dan Self-Awareness siswa dalam belajar matematika ternyata masih rendah. Sesuai dengan permasalahan yang telah dirumuskan, tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh model Guided Discovery Learning lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kreatif siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional . (2) Untuk mengetahui kemampuan Self-Awareness siswa yang memperoleh model Guided Discovery Learning lebih baik daripada kemampuan Self-Awareness siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Untuk mendeskripsikan efektivitas model Guided Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuasi eksperimen dengan model Guided Discovery Learning dan desain kelompok kontrol non-ekuivalen (the non-equivalent control group design). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 3 Bandung dan objeknya adalah kemampuan berpikir kreatif matematis dan Self-Awareness. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan skala angket Self-Awareness. Berdasarkan analisis data dan temuan penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh model Guided Discovery Learning lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (2) Kemampuan Self-Awareness siswa yang memperoleh model Guided Discovery Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Terdapat efektivitas yang kuat dengan menggunakan model Guided Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP. Kata Kunci: Guided Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Self-Awareness
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 01 Oct 2018 08:07 |
Last Modified: | 01 Oct 2018 08:07 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37037 |
Actions (login required)
View Item |