PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA SMA

AUDINI PUSPASARI, 145050066 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRACT.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (691kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (965kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence siswa. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah eksperimen semu, dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA PGRI 1 Bandung dengan pengambilan sampel siswa kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak kelas. Pada penelitian ini digunakan intrumen tes kemampuan berpikir kreatif matematis tipe uraian dan instrumen non tes self-confidence berupa angket. Sebelum dilaksanakannya penelitian, kedua instrumen diujicobakan terlebih dahulu untuk melihat validits, reliabiliatas, indeks kesukaran dan daya pembeda. Berdasarkan hasil uji coba, kedua instrumen layak untuk dipakai. Analisis data yang diguanakan ialah Independent sample t-test dengan bantuan program SPSS 20 for Windows, untuk data angket diubah terlebih dahulu menjadi data kuantitatif dengan MSI (Method of Succesive Interval). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan, yakni: 1) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA yang memperoleh model pembelajaran Project Based Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran Kooperatif tipe STAD. 2) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA yang memperoleh model pembelajaran Project Based Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran Kooperatif tipe STAD. 3) Self-confidence matematis siswa SMA yang memperoleh model pembelajaran Project Based Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran Kooperatif tipe STAD. 4) Tidak terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence siswa SMA yang memperoleh model pembelajaran Project Based Learning. Oleh karena itu, model pembelajaran Project Based Learning dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika di kelas. Kata Kunci : Model pembelajaran Project Based Learning, Berpikir Kreatif Matematis, Self-confidence.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 01 Oct 2018 06:57
Last Modified: 01 Oct 2018 06:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37026

Actions (login required)

View Item View Item