PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN

AVINDA DEVIANA, 145060173 (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK inggris.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK b sunda.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (937kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FIX BAB 3.pdf

Download (806kB) | Preview
[img] Text
BAB IV FIXXX BANGET.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Dukuh Sebrang Kecamatan Ciasem Kabupaten Subang dengan jumlah 29 siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman dengan menggunakan model Discovery Learning. Keadaan siswa yang kurang pada hasil belajar yang mencakup aspek afektif, kognitif dan psikomotor masih banyak yang dibawah KKM karena guru yang sering menggunakan metode cenderung monoton dan belum menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sistem siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Hasil penelitian pada hasil belajar siswa yang diperoleh dari tiga aspek yaitu aspek afektif, kognitif, dan psikomotor. Menunjukkan bahwa pada siklus I siswa meraih ketuntasan sikap peduli (afektif) 44,8% sedangkan sikap santun meraih 74,4%, pengetahuan (kognitif) sebesar 51,7%, dan keterampilan (psikomotor) 42,3%. Pada tindakan siklus II yang merupakan perbaikan dari hasil pada siklus I mengalami peningkatan persentase ketuntasan sikap peduli (afektif) sebesar 65,5%, sedangkan sikap santun meraih 79,3%, pengetahuan (kognitif) sebesar 72,4%, dan keterampilan (psikomotor) sebesar 79,3%. Pada tindakan siklus III yang merupakan perbaikan dari hasil pada siklus II mengalami peningkatan persentase ketuntasan sikap peduli (afektif) sebesar 100% sedangkan sikap santun meraih 100%, pengetahuan (kognitif) sebesar 100%, dan keterampilan (psikomotor) sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Dukuh Sebrang Kecamatan Ciasem Kabupaten Subang pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Dengan demikian model Discovery Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan dalam pembelajaran. Kata kunci: Discovery Learnig, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 25 Sep 2018 02:49
Last Modified: 25 Sep 2018 02:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36880

Actions (login required)

View Item View Item