ENCUN MAYANGSARI, 145050048 (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM CENTERED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRACT.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (550kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) |
||
Text
BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis sangat penting dimiliki siswa dalam memahami matematika, namun pada kenyataanya kemampuan pemecahan masalah matematis masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah masalah kepercayaan diri atau Self-confidence siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika yang masih rendah. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat memberikan pengaruh baik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-confidence siswa adalah model Problem Centered Learning. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Problem Centered Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) Mengetahui Self-confidence siswa yang memperoleh model Problem Centered Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-confidence siswa yang memperoleh model Problem Centered Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol hanya postes. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Pasundan 1 Bandung pada tahun ajaran 2017/2018. Sampel diambil dari dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan jenis instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan instrumen non tes angket Self-confidence. Berdasarkan hasil analisis data dan temuan penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Problem Centered Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) Self-confidence siswa yang memperoleh model Problem Centered Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran kovensional. (3) terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-confidence siswa yang memperoleh model Problem Centered Learning. Berdasarkan Hasil penelitian bahwa penerapan model Problem Centered Learning dapat memberikan Pengaruh baik terhadap kemampuan pemecahan masalah dan Self-confidence siswa. Kata Kunci : Model Problem Centered Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-Confidence, Pembelajaran Konvensional.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 25 Sep 2018 02:35 |
Last Modified: | 25 Sep 2018 02:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36878 |
Actions (login required)
View Item |